Tuesday, June 14, 2011

Bea Masuk Tindakan Pengamanan



Jika ada barang masuk ke negara kita, dimana barang tersebut melonjak jumlahnya, dan mengancam barang sejenis di dalam negeri akan dikenai bea masuk tindakan pengamanan. Tentunya menyatakan kita rugi harus didasarkan pada fakta, bukan hanya berdasarkan pada tuduhan, dugaan, atau perkiraan. Nah ini saya juga bingung bagaimana menentukan sebuah barang yang diproduksi dalam negeri mengalami kerugian secara nasional, karena pasti ngitungnya secara global seluruh negeri.

Bisa jadi saya menyatakan penjual apel dalam negeri telah merugi, karena saya lihat dari penjual apel di pinggir jalan, sampai apel di food mart salah satu Plaza di kota saya menjual apel dengan tempelan produk China. Karena sebagai konsumen ya itu tahunya, tapi kalo pemerintah kan pasti liat langsung ke petani mungkin, ke penyalur, ke macem-macem deh pokoknya.

Bea Masuk tindakan pengamanan merupakan tambahan dari bea masuk biasa yang maksimal 40 persen ituh. Nah nilainya pun dibatasi paling tinggi sebesar jumlah yang dibutuhkan untuk mengatasi kerugian serius atau mencegah ancaman kerugian serius terhadap industri dalam negeri. Weleh ngitungnya gimana tuh?

Sumber : UU Kepabeanan 17 2006 Pasal 23A, dan 23B, mohon koreksi jika ada kesalahan.

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]