Monday, November 26, 2012

Menikmati Kota Semarang dari atas Menara

Segera saja dua lembar uang dua ribuan itu saya bayarkan ke petugas, tapi kemudian petugasnya menolak “tiga menit aja dulu”, brarti saya mesti bayar 1000 dulu deh, biar bisa gantian, okelah. Teropong pun saya pegang, lalu saya mulai mengamati pemandangan dari teropong tersebut, ada rumah orang, jalan, pohon, kebun, gang, semuanya jelas sekali tapi kalau saya lihat dengan mata telanjang sedikit susah untuk menentukan sebelah mana tempat yang saya teropong tadi, ditambah mata saya sebenarnya sudah minus sih, jadi inget kalo liat teropong dari menara MAJT ini seperti melihat mikroskop, dimana apa yang kita lihat dengan mata telanjang yang seperti tidak ada makhluk hidup (lebai :D) tapi setelah dilihat pake mikroskop ternyata ada kehidupan yang kompleks disana hehe, liat mobil, bus di jalan pun seperti liat mainan RC.
pengen tau rute kesana/foto-fotonya, atau lainnya yang pasti gogling aja sudah banyak yang nulis, disini yang menarik ada menara setinggi 99 meter, paling atas bisa liat-liat pake teleskop, bawahnya restoran, lalu lantai 3,4 ada museum, HTM 5000 kalau 2008 dulu pas saya kesini bersama kakak, dan sepupu, cukup masukin koin buat teropong, tapi sekarang enggak lagi, kemarin dijaga sama petugasnya, dan kalau sudah time over, teropong nutup sendiri, jadi kesannya gak rebutan dengan pengunjung lain,

di lantai 2 sama 3 menara ada museum, isinya ya foto-foto mulai dari yang mulanya sawah doank sampai terbentuk Masjid Agung yang megah ini

Masjid Agung Jateng MAJT

Pemancangan tiang pancang MAJT dilakukan oleh Menteri Agama RI Said Agil Husin Al Munawar, Ketua MUI Pusat KHA Sahal Machfudh dan Gubernur Jawa Tengah Mardiyanto pada tanggal 06 September 2002, upaca ini dihadiri juga oleh tamu-tamu dari negara Islam,

tiang pancang MAJT 2002

Pada tengah jalan masuk utama terdapat taman dengan hiasan air mancur yang dapat dimaknai sebagai sengkalan memet (lambang tanda tahun dalam horoskop Jawa Sucining Guna Gapuraning Gusti=1934 Jawa atau 2001 Masehi).


"yg moto awalnya ga keliatan, tapi setelah diedit edit di kompi baru ketauan, gara-gara saking silaunya"



Disamping selatan taman berdiri Menara Al-Husna(Al Husna Tower) setinggi 99 meter yang didalamnya terdapat studio Radio Dais(Da'wah Islam), Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah, teropong pandang, perangkat teknologi modern rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan qomariyah dan restoran berputar.

Ruang sholat utama dapat menampung 4000 orang jamaah, di atasnya terdapat balkon tempat sholat bagi wanita yang berkapasitas 1000 orang. Perluasan sayap kanan / kiri bangunan utama mampu menampung masing-masing 1000 jamaah.

Bangunan utama masjid berdenah bujur sangkar, terletak pada permukaan tanah yang ditinggikan, ini adalah ciri utama masjid menurut tradisi masjid-masjid di Nusantara. Di depan masjid terdapat plaza (maidan, tempat terbuka) untuk menampung jamaah pada sholat Ied atau kegiatan lainnya, dinaungi dengan enam buah payung elektrik raksasa yang dapat dilipat atau dikembangkan sesuai kebutuhan.

Di kedua sisi bangunan utama terdapat dua bangunan sayap, sebelah selatan untuk sarana kemasyarakatan (hall serbaguna), di sebelah utara untuk sarana pendidikan, Di depan plaza terdapat qanatier (lengkungan) yang berfungsi sebagai gerbang pembatas (kelir) bagi para pengunjung, memuat tulisa (khat) kalimah syahadat, Asmaul Husna, Surat Al Ikhlas, Al Fatihah, Al Mukminun dan Al Andbiya, sementara tiang lengkungan (qanatier) berjumlah 25 buah mengingatkan 25 nama rasul.
Read More...

Thursday, November 8, 2012

Segera periksakan ke dokterbila batuk sudah lebih dari dua minggu

Itu adalah tulisan terpampang di depan salah satu Rumah Sakit Paru di tanah air, memang batuk adalah hal yang lumrah, merupakan bentuk pertahanan tubuh kita saat tubuh ingin mengeluarkan kotoran, karena jika tidak dikeluarkan malah bisa berbahaya (seperti saat kita bersin) oleh karena itu sebaiknya tidak ditahan-tahan, bahkan setelah bersin pun dianjurkan membaca Alhamdulilah karena kuman kuman dari dalam tubuh disemprotkan diusir keluar melalui mekanisme bersin. Hal ini patut kita syukuri bahwa Dia menciptakan mekanisme yang sangat sempurna bagi makhluk hidup, hanya saja yang kita perhatikan adalah tata cara adab batuk/bersin. yang tadi lumrah ya, la ini kalau batuk yang dikeluarin darah? walah. Pasti muncul pertanyaan besar mengapa? Apa, dsb, Kenapa tubuh sampai bereaksi demikian sehingga darah sampai harus dianggapnya kotor dan dikeluarkan melalui mekanisme batuk?
Batuk darah bisa disebabkan TBC, atau bisa aja radang paru, TBC bisa diketahui melalui pemeriksaan dahak, foto rontgen dada, kalau kata dokter, TBC itu paru-paru keliatan fleknya, kalau radang maka hasil foto rontgen putih putih, penyebab TBC adalah bakteri Tuberkulosis.

Bakteri ini sifatnya suka bermain dengan siapa saja, eits... maksud saya bisa menyerang siapa saja, suka di tempat yang lembab, tidak suka ultra violet, dan bisa menetap dalam tubuh tanpa ketahuan, saya pun sampai sekarang juga tidak tahu sejak kapan bakteri keparat ini (ups maaf ya bakteri) ada di tubuh saya, hanya saja setahu saya saat badan sedang fit bakteri ini mulai menunjukkan taringnya.

TBC ini ada yang ringan, sedang dan berat. Yang ringan tentu obatnya lebih sedikit, tapi kalau pasien lupa obat sehari saja maka bisa jadi bakteri menjadi kebal dan harus mengulang obat dari awal, padahal minimal pengobatan TBC adalah 6 bulan, tapi jangan khawatir pemerintah telah punya program pemberantasan TBC dan gratis (tulisan di Puskesmas Ampel memang gratis lho)

kenang-kenangan ulah si bakteri tersebut hehe :

juga ada tips pas tes darah kalau albumin kurang alias badan lemes minum sari ikan kutuk atau gabus, beli di apotek.
Read More...

Wednesday, October 10, 2012

How to Sum Digit from string in Excell (Cara Menjumlahkan Digit Angka di Excell)

Langsung contoh, misalnya di cell Excell A1 berisi angka 1435, lalu kita pengen tau hasil dari penjumlahan setiap digit angka tersebut, maksudnya berapa hasilnya 1+4+3+5, tentu tinggal kita jumlah satu persatu 1+4+3+5 hasilnya 13, tapi kalau datanya sampai puluhan, atau bahkan ratusan? gak jaman kale ngitung satu satu? hehe, mumpung tadi habis nyari kesana-kemari, dan masih fresh baru ketemu, tak ada salahnya saya catat lagi di blog saya, walau saya sendiri juga masih bingung logikanya karena merupakan gabungan SUMPRODUCT, MID, ROW, INDIRECT, dan LEN. berikut ini catatannya :
Misalnya Cell A1 berisi angka 142423 di cell B2 kita pengen isi berapa jumlah digit angka tersebut, maka rumusnya di B1 adalah :

=SUMPRODUCT(MID(A1;ROW(INDIRECT("1:"&LEN(A1)));1)*1)

rumus ini akan menjumlahkan angka digit di cell A1 1+4+2+4+2+3 menghasilkan 16,

sampai sekarang saya masih bingung membacanya, SUMPRODUCt sama INDIRECT yang digabung menjadi ROW, semoga ada yang baik hati memberikan pencerahan.

kalau MID itu misalnya A1 berisi angka 123456 lalu pengen ngambil angka ketiga sampai kelima kita pakai rumus MID

kalau LEN misalnya sheet A1 tadi kita pengen ngitung berapa karakter yang ada di cell tersebut hasilnya 6 karakter,
semoga berguna, sumber google
Read More...

Sunday, October 7, 2012

Mengubah Bilangan Desimal menjadi Biner dan sebaliknya

Bilangan desimal menggunakan angka nol, satu sampai sembilan (sepuluh angka), sehingga urutannya setelah angka sembilan adalah angka 10, 11, 12, 13 dst, sedangkan kalau bilangan biner cuman pake angka 1 dan 0 aja(dua angka), jadi kalau diurut setelah angka 1, maka langsung ke 10, 11,100,101,110,111,1000 dst, karena bilangan biner tidak ada angka 2 sampai 9 jadi setelah 11 lanjutannya bukan 12 13 tapi langsung 100, ternyata ilmu yang diajarkan pas sma ini muncul kembali manakala saat kita menyeting jaringan lho, namun bukan itu yang akan dibahas, kali ini saya pengen mencatat cara mengubah bilangan biner ke desimal atau sebaliknya bilangan desimal menjadi bilangan biner.
Selain bilangan biner atau dua angka sebenarnya juga ada bilangan tiga angka urutannya 0,1,2,3,10,11,12,13,20 dst
ada juga bilangan empat angka, lima angka dst,

perhatikan angka desimal berikut 1245
perhatikan pula angka satuan, puluhan, ratusan, dan ribuannya

kemudian

perhatikan angka biner berikut 1110
satuan, puluhan, ratusan, ribuan juga sama letaknya

yang beda hanyalah :
perhatikan jika ratusan bilangan desimal berarti 10X10 =10pangkat2
ribuan bilangan desimal berarti 10X10X10=10pangkat3

ratusan bilangan biner berarti 2XS=2pangkat2
ribuan pada bilangan biner berarti 2X2X2=2pangkat3
(angka dua karena biner)

Contoh 1

bilangan desimal 135 diubah ke biner caranya dengan membagi dua terus menerus, sampai habis,
135 dibagi 2 hasilnya 67 sisa 1
67 dibagi 2 hasilnya 33 sisa 1
33 dibagi 2 hasilnya 16 sisa 1
16 dibagi 2 hasilnya 8 sisa 0
8 dibagi 2 hasilnya 4 sisa 0
4 dibagi 2 hasilnya 2 sisa 0
2 dibagi 2 hasilnya 1 sisa 0
1 dibagi 2 hasilnya 0 sisa 1 (hasilnya bukan 0,5 karena bilangan biner cuman 1 dan 0)
0 dibagi 2 hasilnya 0 sisa 0 (stop sampai disini)

maka hasilnya kita ambil angka dari bawah 010000111 bilangan 0 didepan dibuang aja hasilnya 10000111.

Contoh 2 biner menjadi desimal
misalnya 10000111 diubah menjadi desimal?
angka kita jabarkan dari kanan kekiri menjadi sebagai berikut :
1 X 2pangkat0=1
1 X 2pangkat1=2
1 X 2pangkat2=4
0 x 2pangkat3=0
0 x 2pangkat4=0
0 x 2pangkat5=0
0 X 2pangkat6=0
1 x 2pangkat7=128
hasilnya tinggal jumlahkan angka tersebut (1+2+4+0+0+0+0+128)=135
semoga bermanfaat, mungkin ada yang punya cara lebih gampang?
thanks to alamsyah-blog.blogspot.com
Read More...

Sunday, September 30, 2012

Jangan Makan Susu Bersama Daging (Tips Kesehatan Makanan)

Berikut ini beberapa tips yang semoga bisa membawa manfaat, selengkapnya saya ambil dari google Tips ala Rasulluah SAW :
Jangan makan SUSU bersama DAGING
Jangan makan DAGING bersama IKAN
Jangan makan IKAN bersama SUSU
Jangan makan AYAM bersama SUSU
Jangan makan IKAN bersama TELUR
Jangan makan IKAN bersama DAUN SALAD
Jangan makan SUSU bersama CUKA
Jangan makan BUAH bersama SUSU CTH => KOKTEL

--Makan Buah dulu baru nasi, jangan makan nasi lalu buah, karena buah lebih cepat terserap daripada nasi,
biar efektif maksudnya

--Mandi pagi sekali sekurang-kurangnya satu jam sebelum matahari terbit,
wah padahal saya bangun aja jam berapa hehe

--Minum segelas air sejuk di pagi hari

--Tidak langsung bobo setelah makan malam, nunggu dicerna dulu,
kalo makan langsung tidur cepet gendut

--Jangan meniup makanan/minuman
karena nafas kita selain bau dan mengandung CO2

semoga bermanfaat, mungkin ga keliatan manfaatnya sekarang, atau mungkin belum percaya/belum pernah tau penelitian ilmiahnya tapi beberapa memang terbukti secara ilmiah lho, kata peneliti ayam yang berion positif kalau makan dengan ikan yang berion negatif juga tidak baik bagi usus, kata peneliti juga kalau sujud ada aliran darah ke kepala sirkulasi jadi lancar, itu semua jauh sebelum ilmuan meneliti manfaatnya, berabad abad yang lalu Rosulluah SAW telah menerapkannya hidup sehat yang perlu diteladani.
Read More...

Sunday, September 23, 2012

Pantangan Berkomunikasi

Ini ada artikel yang menarik yang aslinya diambil dari sini, tapi sudah di copas dimana-mana (termasuk ini), tentang 20 pantangan berkomunikasi :

1. Jangan memotong pembicaraan orang lain.
2. Jangan berteriak: “tenaaanggg!, diaaaammm!”.
3. Jangan bereaksi secara berlebih dan emosional. Sebaliknya, pusatkan perhatianmu kepada hasil.
4. Jangan mengeluh. Sebaliknya, tujulah orang yang tepat dan bicaralah dengannya untuk menyelesaikan problem yang ada.
5. Jangan mengaku bahwa anda mengetahui perasaan orang lain dan keinginan mereka. Sebaliknya, tanyakan kepada mereka tentang hal itu.
6. Jangan GR bahwa orang lain dapat mengetahui perasaan dan keinginan anda. Sebaliknya, ungkapkan apa yang anda rasakan kepada mereka.
7. Jangan menghina siapapun dan hargailah pendapat orang lain
8. Jangan melakukan kritikan atau celaan kepada siapapun, khususnya di hadapan khalayak.
9. Jangan mendebat. Sebaliknya, dengarkan, dan sampaikan dengan jelas sudut pandang anda.
10. Jangan mengancam, sebab hal itu akan membawa akibat buruk sepanjang masa.
11. Jangan bersikap negatif, bukalah dada anda untuk menerima usulan-usulan baru.
12. Jangan memborong hak berbicara, beri kesempatan orang lain untuk ikut serta berbicara.
13. Bersikaplah adil dan jangan ngeblok ke salah satu pihak.
14. Jangan mencela, namun bertanggung jawablah. .
15. Jangan ngeloyor pergi saat seseorang berbicara kepada anda, tunggu dan dengarkanlah.
16. Jangan sering-sering menjeneralisir, seperti: selalu … selamanya … semuanya …
17. Jangan pergunakan kalimat: “Seharusnya begini …”, gantilah dengan kalimat: “bagaimana kalau begini …”.
18. Jangan pergunakan kalimat berikut:
“akan tetapi”, gantilah dengan “dan”
“kenapa”, gantilah dengan “apa”
“kalau saja”, gantilah dengan “saat”
“Coba…”, gantilah dengan “lakukan…”
19. Jangan memandang kecil urusan orang lain, namun, perbanyaklah memuji.
20. Janganlah melalaikan masalah personal orang lain, justru tampakkan simpatimu, perhatianmu dan keinginanmu untuk memahaminya.
Read More...

Penyebab tenaga mobil kurang

Bila mobil yang kurang bertenaga saat digas, atau “ngempos”, ada beberapa komponen yang perlu kita curigai sebagai berikut :
Pertama periksa mesin mobil, periksa tekanan setiap silinder, kemungkinan bocor sehingga tenaga kurang, bila normal lanjutkan memeriksa pengapian, di sini terdapat pengabutan yaitu saat bercampurnya udara, bensin yang dibakar sehingga menghasilkan tekanan,

periksa kondisi busi apakah terlihat kotor, gantilah secara berkala biasanya setiap 24000 km,

ketiga cek filter udara. Saat pembakaran filter ini berfungsi agar udara yang masuk tidak kotor, biasanya filter cepat kotor setelah melakukan perjalan jauh, juga bisa disebabkan karena tangki bahan bakar yang kotor, oleh karena itu saat mengganti filter lebih baik bersikan juga tangkinya, jangan sampai filter sudah diganti tetapi cepat kotor gara-gara tangki bensin kotor,

terakhir periksa kopling, mungkin aus.

sumber dari kompas
Read More...

Sunday, September 16, 2012

Pantai Liang

Saatnya pergi ke Liang atau Pantai Hunimura yang terletak di Kabupaten Maluku Tengah, berada kurang lebih 30 kilometer dari kota ambon, berdekatan dengan dermaga feri liang yang melayani penyeberangan ke Seram. Jadi kalau disini terkadang kita bisa menikmati feri yang melintas, namun tetep aman bagi pengunjung, karena feri lewat jalur yang jauh dari pantai.
berangkat tidak melewati jalur utama, tetapi mencoba melewati Tial, pokoknya kalau setelah pantai natsepa naik terus, ada cabang ambil yang kanan, telusuri jalur itu terus nanti tembus di Tulehu, deket STAIN, jalurnya seru karena sempit, namun sudah beraspal, yang sulit kalau ada mobil papasan, kiri kanan semak belukar, di kanan jurang dan pantai, sebelah kiri tebing, lewat sini ternyata juga ada pantai pantai lain yang selama ini namanya kurang kita denger, sebenarnya mau mampir, tapi bingung cari tempat parkirnya, kayaknya lebih cocok pake motor saja. juga lewat beberapa desa dengan menara masjidnya yang tinggi, ternyata tadi juga lewat hajatan orang, mau putar sudah terlanjur jauh, sementara Tulehu sudah dekat, akhirnya memang harus lewat tapi dengan sangat pelan.

Sampailah di RSU Tulehu sebelum tembus jalan utama, perjalanan lewat jalur pesiri pantai memakan kurang lebih 40 menitean, kalau lewat jalur utama kurang lebih 10 menit, mungkin bagi yang pengen mencoba, jalurnya seru, tanjakan tidak terlalu berarti, hanya turunan yang paling tajam menurut saya pas memasuki desa di Tial, harus pake gigi satu selain pake rem untuk mengerem.

Perjalanan dilanjutkan, sampai di Liang, Sholat Ashar dulu di masjid sebelum Liang, cuaca agak mendung, gerimis turun, tapi tak masalah kalau renang kan pasti basah, juga pantai ini aman walau berenang saat hujan.

lanjut sampailah di pintu gerbang yang terkesan apa adanya, tarif per orang 3000 rupiah sekali masuk, jadi kalau mau renang seharian biar badan sehat juga tetep 3000 rupiah.

sayang sekali disini tidak ada tempat untuk membilas, karena sebelum maupun setelah berenang dianjurkan membilas dengan air tawar, biar pada saat berenang nanti tidak banyak garam yang menempel. Fasilitas yang ada disini, sewa ban 5000 rupiah(nawarinnya 10 ribu/ban), pedagang rujak (10 ribu), minuman, dan kelapa muda, namun sore itu saya tidak menemukan pedagang yang biasanya berjualan disitu. mungkin sudah sore kali ya.

Sayapun kramas pake air mineral yang saya bawa dari rumah tadi, sebenarnya ada sih wc tapi kalau mandi disana privasi kurang terjamin hehe, tapi kalau renang pasti terpuaskan, juga pemandangan yang biru, juga beberapa berwarna hijau. Banyak pengunjung sekeluarga yang datang baik pake truk, mobil pribadi maupun memakai angkot.

kalau kita berenang, maka yang kita lihat di bawah adalah pasir putih, dengan butiran-butiran kerang, untuk snorkeling bisa menuju agak tengah 50 meter dari bibir pantai, bagi yang jarang berenang, biar tidak lekas capai berenang bisa menyewa ban agar bisa mengapung lebih lama.

Pantai Liang pantai terindah yang pernah saya lihat.
Read More...

Membuat Papercraft

Papercraft merupakan perpaduan seni melipat kertas dan membuat model, kalau origami kan dua dimensi, nah ini dijadiin 3 dimensi, hasilnya bisa seperti miniatur aslinya bermacam-macam seperti bangunan, kendaraan, boneka, sampai bentuk yang rumit seperti bunga. Kalau pengen bikin papercraft sendiri ternyata ada juga aplikasinya lho, tapi kalau males juga tinggal cari di gogle aja, misalnya papercraft boneka danbo yang dari kardus itu, atau papercraft bus yang pernah saya coba kemarin. atau mungkin papercraft anime yang tingkat kesulitannya lebih tinggi, yang jelas lebih murah daripada beli jadi.
hasil pencarian saya malah dapet model jetbus HD, sama Evobus, model Legacy baik yang biasa maupun yang SR 1 malah belum ketemu, akhirnya saya coba aja yang udah ada, walau masih pake kertas hvs tapi hasilnya lumayanlah,
ini dia Papercraft Bus Royal Safari Solo Semarang dan Haryanto Blue titans kalo gak salah ini Kudus Jakarta, ban belum dipasang, karena ternyata setelah saya print di kertas A4, ukuranya kecil, pake kertas HVS pula kalau dipaksakan bisa jadi malah reyot bannya, sebagai hiasan, bodynya sudah mewakili. juga AC tidak jadi saya pasang karena juga masih pakai kertas HVS.


sekedar tips kalau pengen membuat papercraft yaitu pake aja kertas yang tebal, biar kalau dibentuk tidak mudah lemes, atau tidak terlalu keras, pokoknya yang gampang dilipet tapi juga gak gampang kelipet, contohnya kayak kertas buffalo, kemudian pake lem yang cepet kering, pake lem putih pvac atau lem kertas/castol atau lem yang lainnya, untuk mengelem bagian yang sulit bisa memakai tusuk gigi atau pinset, lalu kalau motong lebih enak dengan bantuak penggaris besi dan cutter, pakai gunting memang bisa sih sebenarnya.

yang sering saya liat sih papercraft danbo, semacam boneka dari kardus bentuk kepala tangan, tubuhnya kotak, dengan wajah yang dilubangin beberapa bagian aja dua mata dan mulut, gak tau kenapa ya bisa disukai, kalau gak salah danbo ini lagi lagi dari Jepang. kalau mau bikin sendiri juga bisa, sediain kardus alat potong, lem, desain yang tinggal donlot lalu print, tempelin, potong dan bentuk, kok kayaknya mudah, tapi saya memang belum mencoba membuat danbo.
Read More...

Wednesday, September 12, 2012

Hoppa Zune Zunea Hoppa Tutea Lomea

Ada yang tau maksudnya? lagu yang dinyanyikan penyanyi cilik dari Rumania, Cleopatra Zlatan. gak tau kenapa lagu dari Rumania kok bisa sampai sini, bisa sampai radio, bahkan nyampe di bis Sumber Kencono pas pulkam dulu, pertama denger pun ini nyanyi beneran apa cuman celoteh aja haha, akhirnya ketemu juga asal usulnya, yang nyanyi juga bener bener penyanyi cilik sekali, karena sejak umur 3 tahun menjadi penyanyi, tapi tergantung ortu sih ya, mereka mau menanamkan apa sejak kecil hingga menjadi bekal kemudian.
Kalau Zunea Zunea ini ditranslate, maka hasilnya berupa kalimat acak yang harus kita pecahkan dengan kemampuan kita sendiri, seperti puisi yang tiap orang bisa punya persepsi yang berbeda setiap orangnya. Jadi kalau menurutku sih ceritanya ada anak yang bermain main air di dalam botol, lalu menuangkannya keluar, lah ini malah semakin kesini makin membingungkan bukan, daripada mikirin artinya, silahkan denger aja langsung ya.
Read More...

Tuesday, September 11, 2012

23.53

Tak Kurang dari tiga puluh menit mobil biru melaju membelah dengan cahayanya di tengah gelapnya malam, lampu penerangan yang kadang hidup kadang mati tak terlalu menghambatnya, karena memang dia sudah hapal jalan tersebut, dia tau posisi lubang jalan di setiap titiknya, dia tau dimana separator yang tidak keliatan di malam hari itu biasa diletakkan, 80 100 80 60 80 100 80 dan seterusnya, menembus gelapnya malam, membelah jalan yang berliku dan sepi.
tampaknya sepasang mata mulai terpejam dengan sesekali tubuhnya terdorong ke kiri dan kanan mengikuti irama jalan, namun hal itu tak dihiraukannya karena mungkin saja dia memang sudah terlalu, atau mungkin juga dia memang memilih sambil selalu berdoa di sepanjang perjalanan.

kaki kanan mentok sampai dasar, tapi si biru tetap seperti tak menambah lajunya, kuperhatikan terus menerus jarum kecil sebelah kiri yang hampir sejajar dengan garis, paling bawah, ah cepet banget turunnya? maklum memang terkenal dengan keborosannya. Perhitunganku dengan sisa yang ada cukup untuk kembali kemudian berangkat menuju tempat pengisian.

Selamat malam bintang-bintang, semoga cerahnya malam ini juga secerah hatiku esok pagi.
Read More...

Monday, September 10, 2012

Tips Memilih Tablet / Sabak-E

Kalau jaman dulu sekali simbah simbah kita (kakek nenek kita) mengenal sabak itu sebagai sebuah papan pipih yang digunakan untuk menulis, kemudian diingat lalu langsung dihapus karena digunakan untuk menulis yang lain, (karena pada jaman itu belum ada kertas), sekarang sabak jaman sekarang kita mengenalnya tablet, bentuknya sama kotak pipih, tapi yang ini jauuuuuuh lebih rumit, karena dari sentuhan sentuhan tangan pada layar menjadi sensor alat ini untuk merespon, sulit dijelaskan bagaimana listrik yang hanya mengenal hidup dan mati bisa menjadi seperti ini ck ck ck,
layar sentuh sudah tidak asing lagi sekarang, mulai dari televisi, handphone, sampai tablet. Mungkin saja nanti sampai pada sensor tangan seperti filmnya Tony Stark. tidak perlu dibahas panjang lebar lagi karena yang pasti kalau mau beli tablet harus tau tips dan triknya sebelum membelinya :
1. Budget
tips ini lumrah kalau mau beli laptop, hp, komputer begitu juga tablet, berlaku hukum makin mahal makin bagus, saat ini cocoknya menyediakan budget 3 sampai 4 juta untuk mendapatkan tablet yang pas.

2. Ukuran Layar
ini juga pengaruh, layar yang lebar mencet juga enak, lebih luas, tapi layar yang kecil juga lebih simpel dibawa bawa, pengaruh baterai gak ya kalau ini, macamnya ada yang 5', 6', sampai 10'

3.Sistem operasi,
tinggal pilih mulai dari Android, iOS, Black berry dan windows, tanya-tanya langsung ke penjualnya lebih mantab

4.jaringan
Jaringan ini maksudnya bisa wifi apa engga, juga bisa pake jaringan telp apa ga, kalau pakai wifi saja tanpa jaringan telp pasti lebih murah, tapi kalau pengen internetan juga harus deket sama wifi,

5fitur
Fitur ya apa yang di dalam tablet, kita mau pake buat game atau pengen baca novel, atau baca koran ya disesuaikan

baterai
Ini yang penting menurut saya, normalnya sih satu sampai dua hari, tanya langsung juga aja ke penjualnya

layanan purna jual
ini menjadi tips wajib kalau beli alat elektronik, gak bisa tidak, ketersediaan suku cadang sangat diperlukan (koyo motor ae), maksudnya juga garansi, juga kesiapan tokonya sendiri terhadap layanan purna jual

forum
ini maksudnya menjadi tempat diskusi misalnya kenapa sih program di tablet A ini ga bisa ini ga bisa itu, download yang cocok dong, dsb

terakhir adalah tentu niat dan fungsi bagi kita sendiri, disesuaikan dengan kebutuhan, karena dengan segala kemajuan teknologi sekarang bila tidak digunakan dengan tepat bisa jadi bukan manfaat yang diperoleh tapi kerugian.
Read More...

Bus Ekonomi atau Patas

Masih seputar yang gak jauh-jauh dari ngomongin tentang jalan, kembali saya ingin membahas tentang salah satu moda transportasi di negeri ini, yaitu bus, dan lebih spesifik lagi pengen mbahas jalur menuju sby yang dari arah barat, antara ekonomi atau patas. Karena menurut saya masing-masing memiliki keunggulan yang dapat dibandingkan, walaupun sebenarnya sih umumnya perbedaannya ya itu itu aja.
Kalau dulu bis ekonomi kita pikir adalah bus tanpa ac, sekarang tidak lagi, karena ada yang memasang ac pada bisnya tapi tetap menggolongkannya ke dalam bis ekonomi, meskipun menurut saya terkadang ac malah membuat terlalu dingin dan masih mending tanpa ac daripada pakai ac, lebih semilir kalau pas kenceng hehe.

Enaknya ekonomi menurut saya kalau pas lapar di dalem bis, disana pasti berlalu-lalang pedagang nawarin makanan/snack, bermacam-macam, dari tahu sumedang, kacang, nanas, pepaya, martabak, bakpao, arem-arem, dan masih banyak lagi jenisnya, dan yang paling favorit bagi saya arem aremnya, jadi kalau laper, tinggal beli tanpa perlu turun, minuman pun tersedia dari sprite, fanta, coca-cola, mizone, akua, dan lain sebagainya, beda dengan patas yang memang pedagang dilarang masuk, tapi mereka menyediakan sendiri di tempat makan khusus.

Posisi mesin, entah bagaimana perhitungannya mesin di depan dianggap punya akselerasi yang lebih kuat, dan sering dipasang di bus ekonomi, dan kalau saya lebih suka duduk di belakang kalau posisi mesin di depan, pengen istirahat.

selera orang berbeda, ada yang suka patas karena dianggap lebih nyaman, lebih aman, dan lebih cepat dan lain sebagainya, ada yang suka bis ekonomi karena tarifnya, walau lebih sering berhenti daripada patas.
Read More...

Sunday, September 9, 2012

Tips Belajar Menyetir

Selain tata cara mengemudikan mobil dengan benar sebenarnya ada yang tak kalah penting saat kita belajar menyetir, yaitu niat dan praktek, kalau teori itu gampang dicari, bagaimana menghidupkan, kopling, memutar kemudi, mengerem sampai parkir, lebih daripada teori itu semua pada dasarnya yang harus disadari posisi kemudi adalah posisi yang paling bertanggung jawab jika terjadi sesuatu, oleh karena itu bukan hanya skill, tapi juga kesabaran, tanggung jawab, dan pertimbangan resiko saat mengambil keputusan di jalan,
Nabrak/Senggolan saat belajar pasti tidak kita harapkan, namun kenyataannya karena salah perhitungan / merasa sudah benar eh tetep aja nyenggol, ada yang gak pas, sebenarnya ini bisa jadi pelajaran berharga agar nanti tidak terulang, dan harus bertanggung jawab dan ini sudah pasti menjadi konsekuensi, oleh karena itu pengalaman nyenggol kita ambil saja sebagai pelajaran yang sangat berharga.

Orang belajar menyetir pastilah gugup, takut, dan grogi, hal ini karena selain dia harus belajar menguasai mobil dia juga harus menguasai kondisi di luar mobil itu sendiri, yaitu lalu lintas. tau sendiri lah lalu lintas disini sangat kompleks, meliputi kondisi kiri kanan jalan, kondisi kepadatan jalan, jenis kendaraan, kondisi jalan, jumlah lajur, karakteristik dalam kota atau luar kota, juga ada peraturan perturan yang harus dipahaminya, dan lain sebagainya, soal ini sebenarnya tergantung juga dari jam terbang, semakin dia mengenal tingkah polah posisi kondisi lalau lintas di sekitarnya pasti juga semakin bagus, Jangan sampai yang diperhatikan cuman yang di depan, begitu mau belok kalau tiba-tiba dari belakang ada motor siapa yang gak kaget?

Yang kedua adalah belajar dari orang lain, tentu belajar kepada orang yang sudah bisa bagaimana mengarur ritme kendaraan agar tidak terlalu agresif tetapi juga tidak terlalu lemot. Saat akselerasi menekan pedal gas sering terlalu kencang yang akhirnya mobil terlalu cepat, padahal saat itu kondisi lalu lintas padat, ujung ujungnya mobil menjadi terlalu agresif dan mengerem tajam, menimbulkan kepanikan penumpang, akhirnya penumpang berpendapat sopir kurang hati-hati, kalau saya lebih suka yang slow acceleration and slow deceleration but make high top speed, karena ini yang paling gak membuat cepat capek.

Selanjutnya mencari tips mengemudi yang umum, bisa langsung cari di gogle, misalnya mulailah dari mencari tips menghidupkan, kemudian berjalan, mengerem, berjalan mengerem lagi sampai berhenti, berbelok, yang terpenting tentu niat dan jam terbang, dari mulai mengemudikan dengan ragu-ragu, kemudian sampai mengemudi agresif, dan sampai dengan mengemudi dengan halus.
Read More...

Saturday, September 8, 2012

Islamic Centre Ambon dan Patung J Leimena

Bulan Juni 2012 lalu bertepatan dengan acara MTQ Nasional di Ambon sejumlah bangunan baru terlihat di salah satu sudut kota ini. Salah satunya baru saya lihat tadi sore sembari pergi ke Kota, yaitu Islamic Centre yang diresmikan SBY lalu. Tempatnya di daerah Waihong, berada di sisi pantai sebelah baratnya Masjid Al Fatah Ambon. Jika ingin menuju kesana dari jalan depan Al Fatah kebarat, ketemu rumah makan Dedes belok ke utara, sampai mentok, mobil pun bisa masuk kesana.
Halaman yang luas memang dimanfaatkan anak anak untuk bermain bola di sore hari. Cuaca cerah seperti sore tadi mendukung sekali buat sekedar duduk duduk di tepi pantainya, yang pasti kita bisa melihat teluk ambon dan daerah Hative Besar yang terletak di seberang, jadi kalau mau ngabuburit, disinilah tempatnya, gratis pula. Saat MTQ lalu tempat ini juga dimanfaatkan oleh peserta pada malam ta'aruf dengan menteri agama.

Bersama PSD RTH Islamic Center, bangunan yang dianggarkan senilai 22 Milyar ini diresmikan bertepatan dengan acara MTQ Nasional ke-24, selain Islamic Centre Pak SBY juga meresmikan patung dan rumah Pahlawan Nasional Johanis Leimena.

Johanis Leimena semasa hidupnya pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri pada jaman Presiden Soekarno dan ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden SBY dengan Keputusan Presiden Nomor 52/TK Tahun 2010. Tokoh dari Maluku ini lahir di desa Ema Kecamatan Leitimur Selatan, Ambon pada tanggal 06 Maret 1905 dan meninggal pada 29 Maret 1977 di Jakarta.

Patung J Leimena berdiri di pertigaan Poka, Kecamatan Teluk Dalam, kalau ke bandara pasti lewat deh. Patung ini di dikerjakan oleh dosen fakultas seni rupa dan desain ITB, dengan desain rupa dikirimkan dengan kontainer dari Pati, Jawa Tengah, yang sebelumnya dipasang pada bulan April 2012 lalu. Setelah patung diresmikan, nama jalan Martha Alfons berubah menjadi jalan J. Leimena. Sore tadi saya lihat terlihat mulai rame sebagian ada yang lagi foto-foto, di sekitar pertigaan itu juga ada penjual gorengan.

ini dia foto Islamic Centre (tulisannya kok Center ya?)
sumber sini
Read More...

Thursday, September 6, 2012

Pantura

Mendengarkan kata pantura pastilah bayangan akan teringat tentang jalur utama yang dilalui kendaraan-kendaraan besar. Juga akan sering kedengeran saat musim mudik tiba, dimana ribuan pengendara memadati jalur ini. bahkan sampai berkesan pantura adalah jalan yang berbahaya, memang benar tapi menurut saya ada jalur yang lebih daripada pantura, sempit tetapi kendaraan yang lewat jenisnya sama seperti pantura. Baik, kakli ini saya pengen ceritakan sedikit mengenai jalur terkenal ini.

Pantura memiliki empat lajur dimana sebagian besar jalurnya telah memiliki pulau separator di tengah-tengahnya sebagai pembatas. walau jalur telah segitu lebarnya sering kita dengar macet di jalur ini, kalo ini sih gara-gara perbaikan memaksa kendaraan dialihkan jalurnya, dan biasanya jalur yang dialihkan lebih macet daripada jalur yang mendapat pengalihan.

Misalnya dari arah timur kendaraan dialihkan ke jalur kanan sehingga jalur kanan yang dari arah barat yang terdiri dua lajur harus dilewati kendaraan dari barat dan timur. kenapa yang dari timur cenderung lebih macet daripada sebelah barat? pertama kita lihat kenapa jalur dari timur lebih macet, sebelum menemui titik belokan tentu kendaraan dari arah timur masih memakai dua lajur tengah dan pinggir, tetapi begitu mendekati titik belokan, yang dari timur pemakai lajur pinggir akan berangsur ke lajur tengah dan tentu pasti mengantri kendaraan yang ada di lajur tengah belok dulu, inilah bedanya dari yang arah barat,

kalau dari arah barat yang jalurnya mendapatkan pengalihan dari yang semula dipakai lajur tengah dan pinggir, kali ini karena lajur tengah dipakai kendaraan dari timur, mau tak mau harus pindah ke lajur pinggir, dan proses pindah ini juga lebih cepat karena dia tidak perlu keluar dari jalurnya, hanya menyempit dari dua lajur menjadi satu lajur, hanya pindah lajur sedangkan kalau arah timur tadi kendaraan harus antre keluar dari jalurnya.

Konstruksi jalan yang tidak dapat menahan beban kendaraan yang berat dan berlangsung setiap detik ini lah menjadi penyebab sering rusaknya jalan, apalagi kalau ada air menggenang di jalan berpotensi menimbulkan lubang. semoga saja para ahli menemukan solusinya, jangan hanya mereka para pemakai yang kena rugi gara-gara macet di jalan.

Lebar dan sepinya jalur ini sangat memungkinkan kendaraan yang melaju kencang, sebagai bayangan truk tronton aja sering terlihat berkecepatan sampai 80 kmh di luar kota, jadi berhati-hatilah kalau kita pelan tapi ingin pindah jalur, atau ingin menyeberang pastikan lihat spion belakang, atau lagi kencang awasi mereka yang mau nyebrang, kalau perlu bunyikan klakson agar kita diwaspadai, ini baru truk ya, belum termasuk kendaraan lain yang bisa lebih kencang.

Kepadatan bisa jadi keuntungan, beberapa sopir bis malah lebih suka lewat pantura daripada tol karena di pantura jadi tidak ngantuk, truk-truk ternyata bisa membuat mereka terjaga, tapi dengan catatan kondisi tidak sampai macet ya, kalau macet dimana mana pasti dibenci. sopir sopir bis juga terlihat memakai kode sein saat di pantura, penting juga karena badan bus yang besar menutupi pandangan kendaraan di belakangnya berkomunikasi dengan kendaraan di belakangnya memang sering memanfaatkan sein kiri dan kanan, sein kiri berarti ada hambatan di kanan, dan sebaliknya, namun sein kiri juga bisa berarti dia pengen berhenti ambil penumpang, tapi tentu kita bisa menganalisis sebenarnya apakah dia mau berhenti atau engga, misalnya dilihat dari kecepatannya, biasanya yang berhenti tentu bus lokal dengan kecepatan yang semakin rendah. percaya tidak percaya kode ini umumnya dipakai tetapi juga tidak mutlak dipakai.

Sedikit catatan perbedaan jalur dengan lajur :
(1) Jalur adalah bagian jalan yang dipergunakan untuk lalu lintas kendaraan;
(2) Lajur adalah bagian jalur yang memanjang dengan atau tanpa marka jalan, yang memiliki lebar cukup untuk satu kendaraan bermotor sedang berjalan, selain sepeda motor

berikut ini gambarnya (diambil dari pelayananmasyarakat.blogspot)
perbedaan jalur dengan lajur jalur
Read More...

Tuesday, August 28, 2012

Catatan Perjalanan 479 km

Rute HSX kali ini adalah menuju JBG, dengan rincian sebagai berikut :
Berangkat
- (Km 102987) total jarak=0km
pukul 05.05 pagi start, tapi sebelumnya memperbaiki spion yang kendor, obeng sulit masuk karena emang gak cocok buat mutar sekrupnya, akhirnya diputar secara manual walau ternyata setelah di jalan sering sering pegang spion buat menyesuaikan. hawa dingin, langit masih gelap tapi tetep semangat.

-(Km 103718) total jarak= 73,1 km Sragen
jam 06.45 sampai Pom Bensin, isi 18 ribu, atau 4 liter, dilanjut istirahat sampai jam 07.00 dengan berbaring walau sebenarnya belum capek bener tapi sesuai pengalaman tetep harus istirahat karena perjalanan masih panjang. Perjalanan dilanjutkan, di Kota Sragen sering berhenti karena disini banyak sekali lampu merahnya, juga pagi hari jalan penuh dengan anak sekolah yang bawa motor. kemudian lanjut melalui hutan Ngawi, Kota Ngawi, Madiun, Nganjuk, njombang, lancar tanpa macet, macet cuman di perlintasan KA

- (Km 105352) total jarak =236,5 km
Alhamdulilah sampai tujuan pukul 09.30 (4,5 jam)

Pulang
(Km 105352) total jarak = 0 km start
(Km 105712) total jarak = 36 km isi bensin di Nganjuk 4 Liter
(Km 107779) total jarak = 242,7 km isi bensin di Ampel 4 Liter
(Km 107784) total jarak = 243,2 km Finish
Total Perjalanan 479,7 Km, dengan konsumsi BBM

4 Liter pertama sejauh 199,4 Km = Konsumsi 49,85 Kilometer per Liternya
4 Liter kedua sejauh 242 Km = konsumsi 60,6 Kilometer per liter
Data km diambil dari odometer, dengan tingkat keakuratan rendah, karena sebagian angka cuman diingat, tidak dicatat, jadi bisa jadi salah tulis lho. Keep safety.
Read More...

Saturday, August 25, 2012

Cara mudah Membuat Foto Tiltshift Photography dengan Photoshop

How to Make Your Own Tilt shift photography
Tiltshift Photography merupakan teknik membuat foto seolah olah berukuran mini dengan merekayasa fokus, curva, dan saturasi. hasilnya memang seperti miniatur mainan yang difoto dengan jarak dekat, ini dia caranya :
1. Memilih foto yang cocok, karena kalau kita memotret mainan cenderung dari atas, maka kita pilih foto juga yang mengambil view dari atas dengan objek yang luas, (biasanya pemandangan), saya contohkan foto saya pas di Masjid Agung :
Cara Gampang Membuat tilt shift photography

2. Pindah ke Quick Mode dengan cara menekan Q pada keyboard atau mengkliknya di taskbar (lihat gambar)
Cara Gampang Membuat tilt shift photography

3. Choose Gradient Tool (G) pilih menu gradient tool dengan menekan G pada keyboard, kemudian pilih lagi yang reflected gradient, kalau gambar saya memang sengaja tidak saya pilih
Cara Gampang Membuat tilt shift photography



4. Buat sebuah garis tegak lurus, bisa dari atas atau dari bawah, titik awal menjadi fokus, kalau gambar saya saya buat garis dari bawah ke atas pas di tengah, memotong orang yang memakai pakaian hitam, dan setelah garis dilepas maka muncul warna merah
Cara Gampang Membuat tilt shift photography

5. Kembali ke standard mode, yaitu kembali setelah tadi kita pindah ke quick mode, pencet Q pada keyboard atau klik aja gambar iconnya terletak di samping icon standard mode yang tadi.
Cara Gampang Membuat tilt shift photography

6. Buka Lens Blur Interface dengan mengklik menu Filter-Blur dan Lens Blur, kemudian pada bagian ini silahkan berkreasi dimana letak blurnya karena dari sini kita mulai melihat efek mini sebuah foto, jika merasa kurang pas fokusnya bisa diulangi cara membuat garis diatas, di gambar saya juga mengulang sekali lagi, kalau foto saya aku kasih angka 10 radiusnya, tapi ini boleh berkreasi sendiri cocoknya berapa, ini foto saya:
Cara Gampang Membuat tilt shift photography


7. Keluar dari Lens Blur Mode dengan menekan Cntrl+D


8. Sesuaikan saturasi dengan mengklik menu Image-Adjustment-Hue Saturation, kalau di gambar saya saya kasih angka 40 pada saturation, fungsinya agar warnanya lebih menyala karena biasanya cat pada mainan itu juga menyala.
Cara Gampang Membuat tilt shift photography

9. Selanjutnya menyesuaikan curve dengan klik menu Images-Adjustment-Curves, disini gambar saya, aku isi dengan angka input 7 output 9, angkanya kecil aja karena agar kontras yang dihasilkan tidak terlalu besar.
Cara Gampang Membuat tilt shift photography

10. Selesai, kalau udah silahkan OK, ini dia hasil coba-coba pertama saya, gampang bukan :)?
Cara Gampang Membuat tilt shift photography
Read More...

Friday, August 24, 2012

Ban Tubeless

Karena motor saya sering bepergian jauh, lama-lama pengen juga pake tubeles, karena selain udah terpasang casting wheel dari pabriknya, juga pengen merasakan sensasi rasanya, bukan cuman tau doang.

Menurut teori kelebihannya kalau tertancap paku ban tidak langsung kempes meskipun nantinya juga akan kempes, kemudian tidak perlu memakai ban dalam, kelebihan yang lain adalah rasa aman kali ya, terutama pas riding malam atau riding di luar kota yang jauh dari tukang tambal ban. Tapi menurut saya memang masih harus dibuktikan segala teori itu.

Kelebihan lain (menurut saya yang saya rasakan sendiri), pas nikung terasa lebih nyaman rebahannya(catatan aspal bersih dari pasir, oli, cuaca cerah), karena bentuk bannya yang lebih bulat daripada tube type. lalu soal beban yang teorinya lebih berat daripada tube type itu menurut saya juga tidak terlalu signifikan beda pengaruhnya pada mesin.

Kalau kelemahannya tentu saja lebih mahal, ada harga ada rupa, juga ban lebih terasa keras, pas lewat jalan berlubang sedikit saja getarannya lebih terasa,
langsung saja sedikit detail harga ganti ban : Tubeles depan 140ribu merk corsa, belakang 175 ribu corsa, tutup pentil khusus depan belakang @ 10 ribu. datang tunggu langsung jadi, ban lama dibawa pulang buat cadangan. mungkin ada yang berminat juga?
Read More...

Tuesday, August 14, 2012

Teknik Rumus Cara Menyelesaikan Rubrik 3 X 3 (Bisa juga dipakai rubrik 4 X 4

Mungkin sampai sekarang masih banyak yang penasaran bagaiamana cara mudah menyelesaikan rubrik(termasuk saya dulu), setelah melihat di yutub akhirnya ketemu cara gampangnya, gak terlalu susah, Cara yang satu ini boleh dicoba bagi yang penasaran sama permainan rubrik ini, siapapun bisa mencoba asalkan tau pedomannya. yang belum punya rubrik silahkan gogling gratisan gamenya di internet, jadi gak perlu beli. :)

0. Mengenal putaran rubrik
sebelum masuk ke rumus pertama kita pelajari dulu arah putaran rubrik. Sisi rubrik ada 6 sisi, tapi dalam rumus ini kita seolah olah hanya melihat satu sisi saja(lihat gambar dibawah ini :


sisi yang kita lihat selanjutnay kita sebut saja "FRONT", atau depan sedang yang dimaksud huruf :
F yaitu putar sisi muka searah jarum jam
R yaitu putar tiga kubus paling kanan keatas (searah jarum jam juga jika dilihat dari sisi kanan)
D yaitu tiga kubus paling bawah diputar ke kanan
L yaitu tiga kubus paling kiri diputar ke bawah
U yaitu tiga kubus paling atas diputar ke kiri

jika ada tanda aksen (') maka arah putaran adalah sebaliknya (berlawanan jarum jam jika dilihat dari sisinya),

1. Selesaikan dulu satu layer
Kalau satu layer saya yakin pasti sudah mahir :


2. Hasilnya : (sisinya juga harus sama lho)

3. Menyelesaikan layer kedua
pertama dicari kubus satu warna di tengah yang warnanya sama dengan atasnya.
di gambar kubus tengah hijau telah sama dengan atasnya di layer 1),

kedua cari kubus di sisi bawah yang memiliki dua warna yang menjadi bagian layer dua,
di gambar contohnya kubus hijau biru, sisi hijau menghadap kita dan biru menghadap bawah (membentuk huruf T), kita akan memindahkan kubus sesuai arah panah


rumusnya
D L D' L' D' F' D F

atau jika kita pengen memindahkannya ke sebelah kanan bisa pakai rumus ini (karena tergantung kondisi warna kubus)
D'R' D R D F D' F'

Hasilnya seperti ini


4. Sekarang rubrik kita putar, maka sisi FRONT akan terlihat seperti di bawah ini,


dengan kondisi sisi atas ada kubus sewarna yang membentuk huruf L menghadap kiri,
pada gambar yang membentuk huruf L adalah warna merah,

yang menjadi FRONT sekarang sudah saya tanda panah,
selanjutnya kita akan membentuk kubus sewarna sampai segaris membentuk tanda Plus. (biasanya sampai dua kali rumus, rumus yang pertama akan membentuk garis lurus, dan rumus kedua sudah membentuk tanda plus)

F R U R' U' F' sebanyak dua kali (atau berapa kali pokoknya sampai membentuk plus)

hasilnya :


5. Rumus selanjutnya menyamakan warna kubus yang tengah


(di gambar kubus kuning telah sama dengan kubus kuning merah, sedangkan dua sisi yang lain belum sama, jika kondisi sudah seperti ini kita mengambil FRONT seperti di gambar), namun jika kondisina belum maka boleh langsung dipakai rumus ini:

Rumusnya adalah R U R' U R U U R' U
hasilnya kubus dua warna di tengah itu akan sama dengan kubus satu warna di tengah sisi tegak rubrik (haha bingung g?), jika sudah maka boleh lanjut ke bawah

6.Selanjutnya kita perhatikan kubus yang ada di pojok, apakah

komposisi tiga warnanya sudah sesuai apa ga dengan komposisi ketiga sisi sisi kubus besarnya,

lihat gambar contohnya kubus pojok merah hijau kuning telah sesuai meskipun belum pas benar


kita ambil sisi FRONT seperti di gambar, rumus ini memindahkan tiga

pojok atas yang lain,

U R U' L' U R' U' L
(mungkin bisa lebih dari satu kali lho)

7. jika warna sudah sesuai maka kita pakai rumus terakhir dengan sisi FRONT / DEPAN seperti di gambar, rumus ini kita jalankan berulang-ulang dengan satu paket (ga boleh stop di tengah
rumus paket ini adalah

R' D R D'


contoh di gambar, rumus dipakai berulang ulang sampai warna kuningnya ada di atas dan dua warna lain telah sesuai sisinya, jika sudah sama, makan jangan kaget dulu kalau
rubriknya masih keliatan acak, tetap tenang (jangan dilempar rubriknya) istilahnya kita ganti pojokan kubus Merah Kuning Biru (Putar U' sekali),
kemudian ulangi rumus R' D R D', sampai warna kuning ada di atas,
sumber : youtube
Read More...

Monday, August 6, 2012

It's a Timmy Time!

Timmy Time adalah serial tv produksi Aardman Animation yang juga membuat Shaun The Sheep. Tokoh utamanya seekor kambing lucu kecil bernama Timmy yang juga menjadi salah satu tokoh di Shaun The Sheep. Mungkin karena Timmy punya penggemarnya sampai sampai dibuat cerita sendiri. Timmy diceritakan sudah masuk kehidupan TK dan disana dia berteman dengan binatang kecil lainnya, walau filmnya tak ada dialognya dan berlatar di tempat itu itu aja, kisah-kisahnya punya nilai seperti bagaimana membentuk pola hubungan yang baik(tentu masih dalam tingkat pemahaman anak lho). Yang tak kalah menarik bagi saya adalah teknik pembuatannya, benar-benar rumit, kapan ya sini bisa? Kalau penasaran siapa aja tokohnya liat di bawah.













sumber bbc,timmy.tv




Read More...

Sunday, July 1, 2012

Mau Lebih Sehat? Minumlah Susu

Sejak lahir sampai tua memang susu dibutuhkan tubuh. Bayi sampai umur dua tahun harus minum ASI yang kita kenal susu terbaik, anak-anak, remaja, sampai dewasa pun harus tetap minum susu untuk menyempurnakan gizinya sekaligus membantu pertumbuhan, orang lanjut usia pun perlu minum susu karena susu juga berperan menjaga nutrisi yang dibutuhkan tulang. Saat ini pun di pasar telah menyediakan berbagai macam susu tersebut dengan berbagai merk.

Setelah bayi dua tahun pun susu tetap diperlukan. nutrisinya yang lengkap terkadang dapat menggantikan nutrisi yang kurang dari makanan yang tidak disukai, karena memang pada masa itu anak juga suka memilih-milih makanan, makanan yang dia sukai akan sering dia makan, sedangkan makanan yang tidak disukai akan jarang dia makan. selain itu menyediakan nutrisi yang diperlukan tubuh, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin.

Belakangan kita dibuat resah setelah beberapa sampel susu yang diuji coba ITB mengandung bakteri Enterobacter Sakazakii (EZ) karena dapat menyebabkan radang otak. Namun Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut oleh Badan POM menggunakan sampel tahun 2008 sampai 2011, tidak ditemukan bakteri dimaksud pada semua produk yang diteliti, perlu diketahui seperti yang dikatakan Ibu Menteri Kesehatan Endang Rahayu S, bakteri EZ dapat hidup dimana-mana, di lingkungan, makanan di usus manusia normal dan usus beberapa hewan. Bakteri ini juga mudah mati tapi sekaligus berbahaya bagi bayi yang berusia dibawah 28 hari, lahir prematur dan bayi yang berat badannya dibawah normal. Susu formula pun memang bukanlah produk yang steril dan bisa terkontaminasi kuman yang menyebabkan penyakit.

Untuk memperkecil resiko terkena bakteri ada baiknya terutama saat ingin mengkonsumsi susu bubuk, kita memperhatikan beberapa hal seperti kemasan, kadaluarsa, saat menyimpan maupun saat ingin membuatnya, kemudian jangan mengkonsumsi susu bubuk yang terbuka kemasannya lebih dari 8 hari, saat membuat susu rendam dulu 1-2 menit ke dalam air panas (80-100°C) untuk mengurangi koloni bakteri, bukan hanya EZ.

Bakteri, EZ, kontaminasi, memang hal yang baru, bahkan dengan temuan tersebut pemerintah sampai membuat standar baru bahwa susu harus steril dari bakteri EZ yang sebelumnya tidak ada. Menurut saya tentang kondisi makanan yang dikabarkan mengandung ini itu memang membuat gundah gulana, namun setelah membaca-baca memang tidak seekstrim yang dibayangkan. Saat seperti inilah selain mengandalkan media masa, internet bisa menjadi sumber informasi yang inovatif asal kita tahu menggunakannya.

Perlu disyukuri bahwa perkembangan teknologi dan riset ini membuat kita menjadi tahu dan memperhatikan apa yang kita konsumsi, dari sebelumnya yang tidak tahu. contohnya seperti saya, yang juga baru-baru ini kenal apa yang namanya EZ, karena memang isu ini dulu belum pernah ada.

Masih banyak manfaat susu selain yang saya tuliskan disini, nabi pun memilih susu saat ditawari Malaikat Jibril antara arak dan susu selesai melaksanakan Sholat berjamaah di Majidil Aqsha pada peristiwa Isra Mi'raj. kemudian berkata Jibril “Andai tuan memilih arak, maka niscaya akan sesatlah ummat tuan", betapa susu seolah menjadi sesuatu hal yang bermanfaat.


Selanjutnya semua kembali kepada konsumen untuk tetap berhati-hati membeli sebuah produk makanan, misalnya jangan membeli produk yang tidak berlabel halal, memperhatikan tanggal kadaluarsanya, memperhatikan kondisinya dan lain sebagainya.


http://wong168.wordpress.com
http://www.fetra.web.id

Read More...

Friday, June 29, 2012

Cara Mengubah Deret angka / serial / (misalnya NIP) menjadi tanggal pada Microsoft Access

Convert serial number to date format

Bila kita dihadapkan pada sebuah data angka di dalam sebuah tabel Microsoft Access, misalnya NIP 19880315 dimana kita tahu empat angka pertama menunjukkan tahun, yaitu 1988, dua angka kedua adalah bulan, yaitu 03, dan dua angka paling kirikanan menunjukkan tanggal yaitu 15, tentunya bila kita diminta membuat tabel baru yang berisi tanggal tadi sangat mudah kita tinggal menulis "15 Maret 1988", masalahnya bila datanya berjumlah ratusan, tentu tidak akan efektif bila kita mengisinya satu persatu, saat inilah kita bisa memanfaatkan query Microsoft access dengan menggunakan rumus FORMAT dan CDATE dan MID. bagaimana caranya?
Sebelumnya kita perlu mengenal apa itu table apa itu query microsoft access (Saya pakai Microsoft Access 2007),

TABEL adalah tempat kita menyimpan data, disana kita bisa menambah/mengurangi data. misalnya kita punya tabel Pertama berisi NIP, Nama, Golongan, tabel kedua berisi Pangkat, Golongan,

QUERY, yang merupakan manipulasi dari tabel tabel yang menghasilkan data yang kita minta contohnya dalam tabel di atas kita pengen tampilin Nama(dari tabel 1) dan Pangkat(dari tabel 2), caranya tinggal menghubungkannya dengan relationship.

Create=>Query Design=>dobel klik tabel yang ingin kita ambil, lalu hubungkan relasi keduanya, dalam contoh diatas hubungkan Golongan pada tabel pertama dengan Golongan pada tabel kedua, dari sini kita bisa mengambil manfaat kita tidak perlu meng entry nama,nip, golonga, dan pangkat yang berulang ulang.

Kembali ke inti, bila ada tabel berisi data angka 19880315, kemudian kita pengen mengubahnya menjadi data tanggal yang mudah dibaca, caranya

klik Create=>Query Design=> klik table, selanjutnya dalam salah satu kolom query, klik build dan masukkan rumus TglLhr : FORMAT(CDATE(MID([Tabel1]![NIP];7;2)&"/"&MID([Tabel1]![NIP];5;2)&"/"&MID([Tabel1]![NIP];1;4);"dd mmmm yyyy")
Maka hasilnya setelah kita ketik run 15 Maret 1988 :) kalau belum jelas silahkan coment dibawah.

rumus di atas maksudnya Kita membuat FORMAT hasilnya berformat dd mmmm yyyy, d adalah day / hari, m adalah month / bulan, dan y adalah year / tahun, dari hasil rumus CDATE, yaitu 15/01/1988, angka 15 akan dikenali sebagai day, 01 dikenali sebagai month dan 1988 dikenali sebagai year, bila misalnya kita memberikan entry tabel yang salah misalnya 19880115 maka query tetap menghasilkan data 15 Januari 1988, namun bila ada data misalnya 19880506 maka hasil rumus diatas akan menjadi 06 Mei 1988 bukan 05 Juni 1988.

Rumus Mid adalah untuk mengambil karakter dalam serial number tersebut MID([NamaTabel]![NamaKolom];Text yang akan diambil mulai urutan ke...;Berapa karakter yang akan diambil.

Semoga bermanfaat
Read More...

Wednesday, June 6, 2012

Dance Music


Setelah beberapa hari yang lalu saya posting tentang lagunya Sagita, kali ini saya pengen posting yang lain, tapi masih sama jenisnya, pokoknya yang bisa menggoyangkan kaki saat mendengarnya, (kebanyakan jenis dance music) ini dia listnya :
lagu tersebut Owl City yang Galaxies, (April 2011), Avicii Level(okt 11) yang diaransemen menjadi good feeling nya Flo Rida, David Guetta yang Where them girl at, lalu ada lagunya train, judulnya hey soul sister dan drive by. meskipun bukan lagu baru, tapi boleh juga.
Read More...

Saturday, May 26, 2012

Wayame


Malam ini, suasana lebih sepi hujan telah reda tapi masih menyisakan rintik-rintiknya, kabar buruknya listrik Poka dipadamkan demi perbaikan di gardu pln yang entah kapan selesainya. Hujan di Ambon tergolong unik, karena terjadi sampai berhari-hari, hampir tidak pernah berhenti air jatuh dari langit. Mulai pagi sampai pagi lagi rintik-rintik hujan terdengar membuat sebuah suara berisik karena menabrak atap seng rumah, yap memang atap rumah rumah disini tidak ada yang memakai genteng, jadi kalau hujan suaranya lebih bising daripada atap genteng,
Tadi pergi ke Wayame, naik kijang kotak yang sudah tua umurnya, benar-benar harus lebih hati-hati, jarak pandang yang terbatas, ditambah embun yang menempel di kaca memaksa saya melaju dengan kecepatan rendah(sekali). Walau jalan di ke Wayame tidak terlalu ramai seperti di Jawa, jalan harus tetap hati-hati karena gelapnya jalan yang termakan guyuran hujan. Sampai di Wayame, biasanya kami makan di warung yang menjajakan di pinggir jalan, warungnya pun bermacam-macam, berjejer mulai dari samping minimarket "J medi" sampai Pom Bensin. mulai dari mi rebus, mi goreng, nasi goreng, soto Wayame, sampai coto Makassar pun ada, sedangkan saya sendiri biasanya mampir ke Warung bertuliskan "Sri Solo" atau warung "Lamongan" kalau pengen makan mi saya ke Warung lamongan, kalau pengen ayam, atau tempe penyet saya ke Sri Solo. Harganya untuk seporsi mi rebus/goreng 10 ribu, tempe penyet 10 ribu, ayam 15 ribu, lebih mahal di Jawa, karena pengaruh transportasi. Wayame adalah Desa di seberangnya kota Ambon, Pulau Ambon berbentuk u, nah Kota terletak di satu ujung, wayame ini di ujung satunya, jika malam hari di Wayame ini kita bisa melihat pemandangan gemerlap lampu Kota Ambon, pemandangan ini biasanya didapatkan dengan berhenti di pinggir jalan, kemudian duduk di pinggir pantai sampai mendengarkan deburan ombak yang samar, melihat Kota Ambon yang berada di seberang lautan. Pasti yang baru lihat tentu bisa memberi kesan tersendiri, namun bagi saya yang sudah 2 tahun disini ini terasa biasa saja. Soal listrik memang di Poka sering mati lampu, dari malam sekitar jam 9 sampai pagi. Entah sampai kapan penduduk sini mengalami hal seperti ini. jadi lilin, senter amat dibutuhkan disini.
Read More...

Thursday, May 17, 2012

Sagita

Sagita? lebih jelasnya lihat disini aja ya, awalnya mereka adalah orkes musik kawinan, dirasa ingin lebih berkembang akhirnya mereka menciptakan kolaborasi jenis musik yang berbeda hingga muncul Djandut (2009), memang Sagita tidak langsung terkenal, saya pun Dengar pertama saat di bis jawa timuran, seperti Eka, SK (Sekarang SS), Restu, dsb. seperti lagi ngetop-ngetopnya, lagu mereka sering di putar di radio-radio sampai dalam bis akap/akdp, pernah saya oper bis, bis pertama Sagita bis kedua eh Sagita lagi. lagunya unik, membuat saya penasaran, unik karena biasanya dalam bis itu kalau gak campursari ya dangdut, lagu Sagita ini bukan full dangdut atau campursari, ada sentuhan kendang tradisional, setelah dicari-cari ternyata berasal dari campuran dangdut dengan musik tradisional jaranan (seni tradisional Nganjuk), mereka menyebutnya "Djandut" jadi bakal ketemu tabuhan kendang dan terompet, musiknya ada yang semangat tapi hentakannya bukan hentakan seperti "cinta satu malam" atau "cape deh". mengalir dan enak didengar :D .Salah satu lagunya iwak peyek, tapi menurut saya ada yang lebih bagus dari iwak peyek.

rindu setengah mati-shanti sagita-OM ADELLA

om sagita ngamen 5

[Dangdut Koplo] Wiwik Sagita - D'Bagindas SUKA SAMA KAMU

eny sagita - ngamen 9 ( budhal nyambut gawe )

RELA - Wiwik Sagita

O.m SerA - NgamEEN

Ngamen 3 - Eny Sagita

321,sagita - Ngamen 9 SAGITA - Eny Sagita- akim dimas

435,OM SAGITA aku bukan bang toyib

508,Eny Sagita - Tiada Lagi

369,Eny Sagita (Sagita) - Ngamen 2


"Asolole, icik icik ahem!" ha haha, ini semacam kata seperti "prikitiw" nya sule, dan tidak jelas artinya dan asal mulanya, tapi yang jelas pasti menambah kepopuleran. semoga seniman-seniman itu tidak membikin lirik yang negatif.
Read More...

Monday, April 30, 2012

touring 204, 3 kilometer (Candi Cetho, Candi Ketek, sampai Sangiran)


Rute perjalanan kali ini adalah home base menuju candi Cetho sejauh 84,7 kilometer dengan waktu 2 jam lebih 5 menit. Start pukul 10.50 am, cuaca cerah, matahari terasa menembus kulit karena hanya memakai pelindung sweater bukan jaket khusus.(gara-gara ini pula kulit saya lebih cepat gosong).
Jalur Ampel Boyolali sekarang yang terdiri dua jenis, pertama jalan dengan dua lajur sampai penggung kemudian beralih tiga lajur, yaitu dua lajur ke arah Byl dan satu lajur ke arah Ampel. Bedanya yang arah Byl tidak boleh mendahului dengan tanda garis lurus putih. kemudian jalur Byl-Sampai Sampai Kartasura yang sudah dibuat empat lajur, kondisi lancar memungkinkan memacu sampai 100 kmh tapi harus tetap hati hati dengan penyeberang jalan maupun penyeberang di persimpangan.

Kemudian masuk jalur kota di Solo, lalu lintas ramai, truk bus sampai motor tumpah ruah di jalan, ditambah dengan lampu lalu lintas di persimpangan memaksa saya memperlambat laju, harus bersabar lagi kalau lampu "bangjo" hampir semua berangka lebih dari 40 detik. (tapi bisa diatasi dengan memanfaatkan rambu "belok kiri jalan terus" jika memungkinkan). cara ini saya pakai jika lampu lalu merah masih berangka 50 ke atas, 45 detik ke bawah tidak efektif dengan cara itu, ini hasil pengalaman saja.






kemudian masuk jalur luar kota setelah memasuki Karanganyar menuju Tawangmangu. kondisi lurus dan cenderung sepi kendaraan, 80 ke atas dalam kondisi lurus tidak menjadi masalah, berbeda dengan kondisi berkelok yang dominan diperhatikan juga shock beker, karena seperti cerita saya dulu ada masalah pada pelek, sangat berpengaruh dalam mengurangi kestabilan motor saat berbelok.

memasuki gerbang tulisan "kawasan wisata Candi Cetho dan Candi Sukuh" kondisi jalan mulai berkelok kelok dengan dominasi tanjakan. Awalnya tidak terlalu menanjak, tetapi kemudian tanjakan makin banyak, menjadikan tantangan tersendiri perjalnan menuju Candi Cetho, tapi medan yang sulit menjadi tidak terasa karena pemandangan di kanan dan kiri yang indah. awalnya kiri kanan adalah rumah penduduk, kemudian yang paling menarik tentu saja pemandangan kebun teh di Kemuning, disinilah mereka mereka itu berfoto dengan latar belakang kebun teh yang terkenal ini.

Saat saya sampai di sini cuaca sedang hujan deras, menjadikan perjalanan ini punya sensasi sendiri karena hawa dingin lereng Lawu ditambah curahan air dari angkasa. Mantolpun sangat berguna saat ini, saya lihat mereka berteduh di warung pinggir jalan, menunggu hujan reda, salah sendiri gak bawa mantol?

Tibalah saya menemui rute yang menurut saya paling berkesan, karena tanjakan yang curam, sampai-sampai motor 125ku kubawa ziz zag saat "nanjak". akhirnya setelah dua jam perjalanan kelihatan juga gerbang candi hindu itu. berada di atas ketinggian seolah menyambut para pendatang yang terengah-engah dari bawah.

Parkir motor kemudian bayar karcis masuk Rp.3000,- untuk wisatawan domestik. Candi Cetho adalah Candi Hindu, di sekitarnya pun tidak ada mushola, saya yang mau sholatpun disarankan bapak yang di pos karcis tadi numpang di salah satu rumah warga. Saat wudhu air dingin seperti es.

Candi Cetho berupa Candi di lereng, semakin ke atas maka pengunjung akan menemui gerbang-gerbang dari batu. Beruntung saat saya sampai hujan telah mereda meskipun mendung masih ada. mendung atau cerah bagi saya pemandangan yang tersaji tetap mempesona. bahkan awan kabut yang terlihat jelas dari sela-sela pohon bisa menjadi objek menarik, karena selama ini hanya melihat awan dari jauh, berbeda rasanya melihat awan sedekat ini bahkan melihat awan dari atas.


Selain Candi Cetho, sempatkan pula mengunjungi Candi Kethek, sekilas yang saya baca di papannya, dinamai ketek karena banyak Kera yang ditemui. tapi saat saya kesana tidak pernah saya menemui kera, saat itu memang masih mendung tanda akan turun hujan.

Jalan menuju Candi Ketek masih berupa jalan setapak berupa hasil "keprasan" lereng. dijamin tak tersesat karena ada papan petunjuk menuju arah Candi Ketek yang disitu ada tulisan "kkn ugm 2011" berarti memang belum lama, dan tentu masih bisa dikembangkan, misalnya pembuatan jalan setapak dilengkapi pagar karena kondisi sekarang yang masih licin dan perlu hati-hati melangkah.

Puas melihat, saya pun pulang, didukung kondisi langit yang mulai menurunkan air hujannya mendorong saya untuk segera pulang. sampai di tempat parkir, dari bawah terdengar raungan mesin diesel bus mini berisi rombongan turis, kelihatan dari wajahnya mereka adalah turis dari jepang. Mereka menggunakan dua bus. bus harus antri menaiki tanjakan yang curam tersebut. Ternyata bus cukup kuat menanjak.


Saat saya pulang kabut datang hingga jarak pandang hanya sekitar 10 meter, perjalanan dilanjutkan menuju Sangiran yang tidak jadi karena sudah tutup jam setengah lima, saya sampai jam 5. sampai Solo cuaca hujan, jadilah saya pulang dengan kondisi hujan, laju kendaraan lebih pelan daripada siang, karena kondisi gelap dipadukan bintik air di mika helm membuat siluet siluet tertentu pada pandangan, hal ini menimbulkan pandangan menjadi tidak pasti, dan untuk memastikannya maka laju kendaraan harus pelan, supaya terlihat jelas apa yang ada di depan itu.

di tengah jalan ada kemacetan, ternyata di depan terlihat mobil sedang dievakuasi ke pinggir jalan. bemper lepas, mungkin habis kecelakaan atau mungkin cuman lepas tidak terlalu jelas karena gelap plus hujan. kemudian sampai di Ampel, jalur yang saya kenal hampir 10 tahun, masih seperti dulu, macet, kalau ada satu truk yang berjalan pelan, memaksa "ngeblonk", total perjalanan 203,4 km saya ukur dari selisih angka odometer, tingkat agresifitas tergantung sikon
Read More...

Saturday, April 28, 2012

Keren tapi rapuh


Beberapa hari yang lalu saya pergi ke Jogja melalui jalur Jatinom, jalur ini adalah jalur yang paling dekat menuju Jogjakarta. Sebenarnya ada jalur lain tetapi lebih jauh yaitu lewat jalur bus Kartasura. Ternyata jalur yang saya lewati tidak seperti dulu, sekarang kondisinya rusak, aspal berlubang tergerus air hujan, dan dibeberapa titik sedang dilakukan pengecoran, mau tak mau motor dipaksa lewat jalan yang rusak itu. namun setelah lewat jalan rata, motor oleng ke kiri dan kanan, dikira bocor ternyata tidak, saya simpulkan pelek racing saya bermasalah.
Menyebalkan memang bila motor yang kita tunggangi rewel, hal ini bukan tanpa sebab karena erat kaitannya dengan responsibilitas yang ujung ujungnya tentu keselamatan. Pelek racing lebih mudah bengkong daripada pelek jari tapi pelek racing atau Casting Wheel (CW) lebih keren.

Read More...

Saturday, April 14, 2012

Antara Etika dan Etiket



Saat itu pelajaran sudah dimulai, dari luar terlihat pengajar yang baru saja memulai materi. Tanpa mengetuk pintu saya langung masuk, membungkukkan badan sambil melewati pengajar menuju tempat duduk saya, teman sebelah saya bilang "Eh ijin dulu, itu etika..." kurang lebih seperti itulah yang diucapkannya yang saya pikir sebenarnya juga ga segitunya kali :D, Saya jadi ingat antara etika dan etiket itu berbeda.
Kita juga pernah membaca "Etika bertelpon dengan pelanggan" antara lain harus menggunakan intonasi yang jelas, memilih kata-kata yang halus, harus menjaga sopan santun, dan lain sebagainya. sebenarnya seperti itulah yang dinamakan etiket, karena berhubungan dengan sopan santun, kalau yang dimaksud etika misalnya "bicara di telepon tidak boleh bohong" etika berhubungan dengan moral.

Etika dan etiket dua kata yang hampir sama tapi punya makna yang berbeda, saya ambilkan contoh lain seperti saat menerima telepon dari seseorang yang mengaku dari acara kuis televisi memberitahukan anda mendapat hadiah, dengan tutur bahasa yang halus dan menjaga sopan santun etiketnya bisa dibilang baik, namun sebenarnya dia bermaksud menipu sehingga etikanya buruk.
Read More...

Saturday, January 28, 2012

Real Steel

Real Steel, Film fiksi tentang kehidupan mantan petinju tahun 2020. Dia berhenti bertinju karena petinju telah dilarang, digantikan dengan tinju antar robot. Robot petarung disini begitu canggih, hingga cara mereka bertarungpun memiliki gerakan seperti manusia yang dikendalikan dengan remote control seperti video game. Yang menarik tentu saja robot ini sendiri bagaimana sebuah robot besar yang tingginya mencapai dua meter bertarung.
Charlie Kanton yang menjadi mantan petinju adalah seorang yang punya semangat tinggi. Dia memiliki robot petinju yang dipakainya untuk menghasilkan uang, namun dia lebih banyak mengalami kegagalan dan dikejar hutang. Saat robot-robot miliknya satu persatu (Ambush dan Noisy Boys) kalah, dia tetap berusaha memperbaiki mereka walau harus mencari bagian-bagian di tempat pembuangan, disinilah kisah ini bermula saat dia dan anaknya Max menemukan robot misterius buatan tahun 2014, robot lama yang dulu terkenal karena kontroversinya, yang ternyata punya keistimewaan saat dia berada di atas ring.

Silahkana menontonnya, karena film yang diproduseri Steven Spielberg ini tentu bukan hanya melulu mengandalkan fiksi dan aksi sang robot, tapi juga ada emosi disana yang melibatkan Charlie dan anaknya Max Kenton, oke selamat menonton :D
Read More...