Sunday, September 30, 2012

Jangan Makan Susu Bersama Daging (Tips Kesehatan Makanan)

Berikut ini beberapa tips yang semoga bisa membawa manfaat, selengkapnya saya ambil dari google Tips ala Rasulluah SAW :
Jangan makan SUSU bersama DAGING
Jangan makan DAGING bersama IKAN
Jangan makan IKAN bersama SUSU
Jangan makan AYAM bersama SUSU
Jangan makan IKAN bersama TELUR
Jangan makan IKAN bersama DAUN SALAD
Jangan makan SUSU bersama CUKA
Jangan makan BUAH bersama SUSU CTH => KOKTEL

--Makan Buah dulu baru nasi, jangan makan nasi lalu buah, karena buah lebih cepat terserap daripada nasi,
biar efektif maksudnya

--Mandi pagi sekali sekurang-kurangnya satu jam sebelum matahari terbit,
wah padahal saya bangun aja jam berapa hehe

--Minum segelas air sejuk di pagi hari

--Tidak langsung bobo setelah makan malam, nunggu dicerna dulu,
kalo makan langsung tidur cepet gendut

--Jangan meniup makanan/minuman
karena nafas kita selain bau dan mengandung CO2

semoga bermanfaat, mungkin ga keliatan manfaatnya sekarang, atau mungkin belum percaya/belum pernah tau penelitian ilmiahnya tapi beberapa memang terbukti secara ilmiah lho, kata peneliti ayam yang berion positif kalau makan dengan ikan yang berion negatif juga tidak baik bagi usus, kata peneliti juga kalau sujud ada aliran darah ke kepala sirkulasi jadi lancar, itu semua jauh sebelum ilmuan meneliti manfaatnya, berabad abad yang lalu Rosulluah SAW telah menerapkannya hidup sehat yang perlu diteladani.
Read More...

Sunday, September 23, 2012

Pantangan Berkomunikasi

Ini ada artikel yang menarik yang aslinya diambil dari sini, tapi sudah di copas dimana-mana (termasuk ini), tentang 20 pantangan berkomunikasi :

1. Jangan memotong pembicaraan orang lain.
2. Jangan berteriak: “tenaaanggg!, diaaaammm!”.
3. Jangan bereaksi secara berlebih dan emosional. Sebaliknya, pusatkan perhatianmu kepada hasil.
4. Jangan mengeluh. Sebaliknya, tujulah orang yang tepat dan bicaralah dengannya untuk menyelesaikan problem yang ada.
5. Jangan mengaku bahwa anda mengetahui perasaan orang lain dan keinginan mereka. Sebaliknya, tanyakan kepada mereka tentang hal itu.
6. Jangan GR bahwa orang lain dapat mengetahui perasaan dan keinginan anda. Sebaliknya, ungkapkan apa yang anda rasakan kepada mereka.
7. Jangan menghina siapapun dan hargailah pendapat orang lain
8. Jangan melakukan kritikan atau celaan kepada siapapun, khususnya di hadapan khalayak.
9. Jangan mendebat. Sebaliknya, dengarkan, dan sampaikan dengan jelas sudut pandang anda.
10. Jangan mengancam, sebab hal itu akan membawa akibat buruk sepanjang masa.
11. Jangan bersikap negatif, bukalah dada anda untuk menerima usulan-usulan baru.
12. Jangan memborong hak berbicara, beri kesempatan orang lain untuk ikut serta berbicara.
13. Bersikaplah adil dan jangan ngeblok ke salah satu pihak.
14. Jangan mencela, namun bertanggung jawablah. .
15. Jangan ngeloyor pergi saat seseorang berbicara kepada anda, tunggu dan dengarkanlah.
16. Jangan sering-sering menjeneralisir, seperti: selalu … selamanya … semuanya …
17. Jangan pergunakan kalimat: “Seharusnya begini …”, gantilah dengan kalimat: “bagaimana kalau begini …”.
18. Jangan pergunakan kalimat berikut:
“akan tetapi”, gantilah dengan “dan”
“kenapa”, gantilah dengan “apa”
“kalau saja”, gantilah dengan “saat”
“Coba…”, gantilah dengan “lakukan…”
19. Jangan memandang kecil urusan orang lain, namun, perbanyaklah memuji.
20. Janganlah melalaikan masalah personal orang lain, justru tampakkan simpatimu, perhatianmu dan keinginanmu untuk memahaminya.
Read More...

Penyebab tenaga mobil kurang

Bila mobil yang kurang bertenaga saat digas, atau “ngempos”, ada beberapa komponen yang perlu kita curigai sebagai berikut :
Pertama periksa mesin mobil, periksa tekanan setiap silinder, kemungkinan bocor sehingga tenaga kurang, bila normal lanjutkan memeriksa pengapian, di sini terdapat pengabutan yaitu saat bercampurnya udara, bensin yang dibakar sehingga menghasilkan tekanan,

periksa kondisi busi apakah terlihat kotor, gantilah secara berkala biasanya setiap 24000 km,

ketiga cek filter udara. Saat pembakaran filter ini berfungsi agar udara yang masuk tidak kotor, biasanya filter cepat kotor setelah melakukan perjalan jauh, juga bisa disebabkan karena tangki bahan bakar yang kotor, oleh karena itu saat mengganti filter lebih baik bersikan juga tangkinya, jangan sampai filter sudah diganti tetapi cepat kotor gara-gara tangki bensin kotor,

terakhir periksa kopling, mungkin aus.

sumber dari kompas
Read More...

Sunday, September 16, 2012

Pantai Liang

Saatnya pergi ke Liang atau Pantai Hunimura yang terletak di Kabupaten Maluku Tengah, berada kurang lebih 30 kilometer dari kota ambon, berdekatan dengan dermaga feri liang yang melayani penyeberangan ke Seram. Jadi kalau disini terkadang kita bisa menikmati feri yang melintas, namun tetep aman bagi pengunjung, karena feri lewat jalur yang jauh dari pantai.
berangkat tidak melewati jalur utama, tetapi mencoba melewati Tial, pokoknya kalau setelah pantai natsepa naik terus, ada cabang ambil yang kanan, telusuri jalur itu terus nanti tembus di Tulehu, deket STAIN, jalurnya seru karena sempit, namun sudah beraspal, yang sulit kalau ada mobil papasan, kiri kanan semak belukar, di kanan jurang dan pantai, sebelah kiri tebing, lewat sini ternyata juga ada pantai pantai lain yang selama ini namanya kurang kita denger, sebenarnya mau mampir, tapi bingung cari tempat parkirnya, kayaknya lebih cocok pake motor saja. juga lewat beberapa desa dengan menara masjidnya yang tinggi, ternyata tadi juga lewat hajatan orang, mau putar sudah terlanjur jauh, sementara Tulehu sudah dekat, akhirnya memang harus lewat tapi dengan sangat pelan.

Sampailah di RSU Tulehu sebelum tembus jalan utama, perjalanan lewat jalur pesiri pantai memakan kurang lebih 40 menitean, kalau lewat jalur utama kurang lebih 10 menit, mungkin bagi yang pengen mencoba, jalurnya seru, tanjakan tidak terlalu berarti, hanya turunan yang paling tajam menurut saya pas memasuki desa di Tial, harus pake gigi satu selain pake rem untuk mengerem.

Perjalanan dilanjutkan, sampai di Liang, Sholat Ashar dulu di masjid sebelum Liang, cuaca agak mendung, gerimis turun, tapi tak masalah kalau renang kan pasti basah, juga pantai ini aman walau berenang saat hujan.

lanjut sampailah di pintu gerbang yang terkesan apa adanya, tarif per orang 3000 rupiah sekali masuk, jadi kalau mau renang seharian biar badan sehat juga tetep 3000 rupiah.

sayang sekali disini tidak ada tempat untuk membilas, karena sebelum maupun setelah berenang dianjurkan membilas dengan air tawar, biar pada saat berenang nanti tidak banyak garam yang menempel. Fasilitas yang ada disini, sewa ban 5000 rupiah(nawarinnya 10 ribu/ban), pedagang rujak (10 ribu), minuman, dan kelapa muda, namun sore itu saya tidak menemukan pedagang yang biasanya berjualan disitu. mungkin sudah sore kali ya.

Sayapun kramas pake air mineral yang saya bawa dari rumah tadi, sebenarnya ada sih wc tapi kalau mandi disana privasi kurang terjamin hehe, tapi kalau renang pasti terpuaskan, juga pemandangan yang biru, juga beberapa berwarna hijau. Banyak pengunjung sekeluarga yang datang baik pake truk, mobil pribadi maupun memakai angkot.

kalau kita berenang, maka yang kita lihat di bawah adalah pasir putih, dengan butiran-butiran kerang, untuk snorkeling bisa menuju agak tengah 50 meter dari bibir pantai, bagi yang jarang berenang, biar tidak lekas capai berenang bisa menyewa ban agar bisa mengapung lebih lama.

Pantai Liang pantai terindah yang pernah saya lihat.
Read More...

Membuat Papercraft

Papercraft merupakan perpaduan seni melipat kertas dan membuat model, kalau origami kan dua dimensi, nah ini dijadiin 3 dimensi, hasilnya bisa seperti miniatur aslinya bermacam-macam seperti bangunan, kendaraan, boneka, sampai bentuk yang rumit seperti bunga. Kalau pengen bikin papercraft sendiri ternyata ada juga aplikasinya lho, tapi kalau males juga tinggal cari di gogle aja, misalnya papercraft boneka danbo yang dari kardus itu, atau papercraft bus yang pernah saya coba kemarin. atau mungkin papercraft anime yang tingkat kesulitannya lebih tinggi, yang jelas lebih murah daripada beli jadi.
hasil pencarian saya malah dapet model jetbus HD, sama Evobus, model Legacy baik yang biasa maupun yang SR 1 malah belum ketemu, akhirnya saya coba aja yang udah ada, walau masih pake kertas hvs tapi hasilnya lumayanlah,
ini dia Papercraft Bus Royal Safari Solo Semarang dan Haryanto Blue titans kalo gak salah ini Kudus Jakarta, ban belum dipasang, karena ternyata setelah saya print di kertas A4, ukuranya kecil, pake kertas HVS pula kalau dipaksakan bisa jadi malah reyot bannya, sebagai hiasan, bodynya sudah mewakili. juga AC tidak jadi saya pasang karena juga masih pakai kertas HVS.


sekedar tips kalau pengen membuat papercraft yaitu pake aja kertas yang tebal, biar kalau dibentuk tidak mudah lemes, atau tidak terlalu keras, pokoknya yang gampang dilipet tapi juga gak gampang kelipet, contohnya kayak kertas buffalo, kemudian pake lem yang cepet kering, pake lem putih pvac atau lem kertas/castol atau lem yang lainnya, untuk mengelem bagian yang sulit bisa memakai tusuk gigi atau pinset, lalu kalau motong lebih enak dengan bantuak penggaris besi dan cutter, pakai gunting memang bisa sih sebenarnya.

yang sering saya liat sih papercraft danbo, semacam boneka dari kardus bentuk kepala tangan, tubuhnya kotak, dengan wajah yang dilubangin beberapa bagian aja dua mata dan mulut, gak tau kenapa ya bisa disukai, kalau gak salah danbo ini lagi lagi dari Jepang. kalau mau bikin sendiri juga bisa, sediain kardus alat potong, lem, desain yang tinggal donlot lalu print, tempelin, potong dan bentuk, kok kayaknya mudah, tapi saya memang belum mencoba membuat danbo.
Read More...

Wednesday, September 12, 2012

Hoppa Zune Zunea Hoppa Tutea Lomea

Ada yang tau maksudnya? lagu yang dinyanyikan penyanyi cilik dari Rumania, Cleopatra Zlatan. gak tau kenapa lagu dari Rumania kok bisa sampai sini, bisa sampai radio, bahkan nyampe di bis Sumber Kencono pas pulkam dulu, pertama denger pun ini nyanyi beneran apa cuman celoteh aja haha, akhirnya ketemu juga asal usulnya, yang nyanyi juga bener bener penyanyi cilik sekali, karena sejak umur 3 tahun menjadi penyanyi, tapi tergantung ortu sih ya, mereka mau menanamkan apa sejak kecil hingga menjadi bekal kemudian.
Kalau Zunea Zunea ini ditranslate, maka hasilnya berupa kalimat acak yang harus kita pecahkan dengan kemampuan kita sendiri, seperti puisi yang tiap orang bisa punya persepsi yang berbeda setiap orangnya. Jadi kalau menurutku sih ceritanya ada anak yang bermain main air di dalam botol, lalu menuangkannya keluar, lah ini malah semakin kesini makin membingungkan bukan, daripada mikirin artinya, silahkan denger aja langsung ya.
Read More...

Tuesday, September 11, 2012

23.53

Tak Kurang dari tiga puluh menit mobil biru melaju membelah dengan cahayanya di tengah gelapnya malam, lampu penerangan yang kadang hidup kadang mati tak terlalu menghambatnya, karena memang dia sudah hapal jalan tersebut, dia tau posisi lubang jalan di setiap titiknya, dia tau dimana separator yang tidak keliatan di malam hari itu biasa diletakkan, 80 100 80 60 80 100 80 dan seterusnya, menembus gelapnya malam, membelah jalan yang berliku dan sepi.
tampaknya sepasang mata mulai terpejam dengan sesekali tubuhnya terdorong ke kiri dan kanan mengikuti irama jalan, namun hal itu tak dihiraukannya karena mungkin saja dia memang sudah terlalu, atau mungkin juga dia memang memilih sambil selalu berdoa di sepanjang perjalanan.

kaki kanan mentok sampai dasar, tapi si biru tetap seperti tak menambah lajunya, kuperhatikan terus menerus jarum kecil sebelah kiri yang hampir sejajar dengan garis, paling bawah, ah cepet banget turunnya? maklum memang terkenal dengan keborosannya. Perhitunganku dengan sisa yang ada cukup untuk kembali kemudian berangkat menuju tempat pengisian.

Selamat malam bintang-bintang, semoga cerahnya malam ini juga secerah hatiku esok pagi.
Read More...

Monday, September 10, 2012

Tips Memilih Tablet / Sabak-E

Kalau jaman dulu sekali simbah simbah kita (kakek nenek kita) mengenal sabak itu sebagai sebuah papan pipih yang digunakan untuk menulis, kemudian diingat lalu langsung dihapus karena digunakan untuk menulis yang lain, (karena pada jaman itu belum ada kertas), sekarang sabak jaman sekarang kita mengenalnya tablet, bentuknya sama kotak pipih, tapi yang ini jauuuuuuh lebih rumit, karena dari sentuhan sentuhan tangan pada layar menjadi sensor alat ini untuk merespon, sulit dijelaskan bagaimana listrik yang hanya mengenal hidup dan mati bisa menjadi seperti ini ck ck ck,
layar sentuh sudah tidak asing lagi sekarang, mulai dari televisi, handphone, sampai tablet. Mungkin saja nanti sampai pada sensor tangan seperti filmnya Tony Stark. tidak perlu dibahas panjang lebar lagi karena yang pasti kalau mau beli tablet harus tau tips dan triknya sebelum membelinya :
1. Budget
tips ini lumrah kalau mau beli laptop, hp, komputer begitu juga tablet, berlaku hukum makin mahal makin bagus, saat ini cocoknya menyediakan budget 3 sampai 4 juta untuk mendapatkan tablet yang pas.

2. Ukuran Layar
ini juga pengaruh, layar yang lebar mencet juga enak, lebih luas, tapi layar yang kecil juga lebih simpel dibawa bawa, pengaruh baterai gak ya kalau ini, macamnya ada yang 5', 6', sampai 10'

3.Sistem operasi,
tinggal pilih mulai dari Android, iOS, Black berry dan windows, tanya-tanya langsung ke penjualnya lebih mantab

4.jaringan
Jaringan ini maksudnya bisa wifi apa engga, juga bisa pake jaringan telp apa ga, kalau pakai wifi saja tanpa jaringan telp pasti lebih murah, tapi kalau pengen internetan juga harus deket sama wifi,

5fitur
Fitur ya apa yang di dalam tablet, kita mau pake buat game atau pengen baca novel, atau baca koran ya disesuaikan

baterai
Ini yang penting menurut saya, normalnya sih satu sampai dua hari, tanya langsung juga aja ke penjualnya

layanan purna jual
ini menjadi tips wajib kalau beli alat elektronik, gak bisa tidak, ketersediaan suku cadang sangat diperlukan (koyo motor ae), maksudnya juga garansi, juga kesiapan tokonya sendiri terhadap layanan purna jual

forum
ini maksudnya menjadi tempat diskusi misalnya kenapa sih program di tablet A ini ga bisa ini ga bisa itu, download yang cocok dong, dsb

terakhir adalah tentu niat dan fungsi bagi kita sendiri, disesuaikan dengan kebutuhan, karena dengan segala kemajuan teknologi sekarang bila tidak digunakan dengan tepat bisa jadi bukan manfaat yang diperoleh tapi kerugian.
Read More...

Bus Ekonomi atau Patas

Masih seputar yang gak jauh-jauh dari ngomongin tentang jalan, kembali saya ingin membahas tentang salah satu moda transportasi di negeri ini, yaitu bus, dan lebih spesifik lagi pengen mbahas jalur menuju sby yang dari arah barat, antara ekonomi atau patas. Karena menurut saya masing-masing memiliki keunggulan yang dapat dibandingkan, walaupun sebenarnya sih umumnya perbedaannya ya itu itu aja.
Kalau dulu bis ekonomi kita pikir adalah bus tanpa ac, sekarang tidak lagi, karena ada yang memasang ac pada bisnya tapi tetap menggolongkannya ke dalam bis ekonomi, meskipun menurut saya terkadang ac malah membuat terlalu dingin dan masih mending tanpa ac daripada pakai ac, lebih semilir kalau pas kenceng hehe.

Enaknya ekonomi menurut saya kalau pas lapar di dalem bis, disana pasti berlalu-lalang pedagang nawarin makanan/snack, bermacam-macam, dari tahu sumedang, kacang, nanas, pepaya, martabak, bakpao, arem-arem, dan masih banyak lagi jenisnya, dan yang paling favorit bagi saya arem aremnya, jadi kalau laper, tinggal beli tanpa perlu turun, minuman pun tersedia dari sprite, fanta, coca-cola, mizone, akua, dan lain sebagainya, beda dengan patas yang memang pedagang dilarang masuk, tapi mereka menyediakan sendiri di tempat makan khusus.

Posisi mesin, entah bagaimana perhitungannya mesin di depan dianggap punya akselerasi yang lebih kuat, dan sering dipasang di bus ekonomi, dan kalau saya lebih suka duduk di belakang kalau posisi mesin di depan, pengen istirahat.

selera orang berbeda, ada yang suka patas karena dianggap lebih nyaman, lebih aman, dan lebih cepat dan lain sebagainya, ada yang suka bis ekonomi karena tarifnya, walau lebih sering berhenti daripada patas.
Read More...

Sunday, September 9, 2012

Tips Belajar Menyetir

Selain tata cara mengemudikan mobil dengan benar sebenarnya ada yang tak kalah penting saat kita belajar menyetir, yaitu niat dan praktek, kalau teori itu gampang dicari, bagaimana menghidupkan, kopling, memutar kemudi, mengerem sampai parkir, lebih daripada teori itu semua pada dasarnya yang harus disadari posisi kemudi adalah posisi yang paling bertanggung jawab jika terjadi sesuatu, oleh karena itu bukan hanya skill, tapi juga kesabaran, tanggung jawab, dan pertimbangan resiko saat mengambil keputusan di jalan,
Nabrak/Senggolan saat belajar pasti tidak kita harapkan, namun kenyataannya karena salah perhitungan / merasa sudah benar eh tetep aja nyenggol, ada yang gak pas, sebenarnya ini bisa jadi pelajaran berharga agar nanti tidak terulang, dan harus bertanggung jawab dan ini sudah pasti menjadi konsekuensi, oleh karena itu pengalaman nyenggol kita ambil saja sebagai pelajaran yang sangat berharga.

Orang belajar menyetir pastilah gugup, takut, dan grogi, hal ini karena selain dia harus belajar menguasai mobil dia juga harus menguasai kondisi di luar mobil itu sendiri, yaitu lalu lintas. tau sendiri lah lalu lintas disini sangat kompleks, meliputi kondisi kiri kanan jalan, kondisi kepadatan jalan, jenis kendaraan, kondisi jalan, jumlah lajur, karakteristik dalam kota atau luar kota, juga ada peraturan perturan yang harus dipahaminya, dan lain sebagainya, soal ini sebenarnya tergantung juga dari jam terbang, semakin dia mengenal tingkah polah posisi kondisi lalau lintas di sekitarnya pasti juga semakin bagus, Jangan sampai yang diperhatikan cuman yang di depan, begitu mau belok kalau tiba-tiba dari belakang ada motor siapa yang gak kaget?

Yang kedua adalah belajar dari orang lain, tentu belajar kepada orang yang sudah bisa bagaimana mengarur ritme kendaraan agar tidak terlalu agresif tetapi juga tidak terlalu lemot. Saat akselerasi menekan pedal gas sering terlalu kencang yang akhirnya mobil terlalu cepat, padahal saat itu kondisi lalu lintas padat, ujung ujungnya mobil menjadi terlalu agresif dan mengerem tajam, menimbulkan kepanikan penumpang, akhirnya penumpang berpendapat sopir kurang hati-hati, kalau saya lebih suka yang slow acceleration and slow deceleration but make high top speed, karena ini yang paling gak membuat cepat capek.

Selanjutnya mencari tips mengemudi yang umum, bisa langsung cari di gogle, misalnya mulailah dari mencari tips menghidupkan, kemudian berjalan, mengerem, berjalan mengerem lagi sampai berhenti, berbelok, yang terpenting tentu niat dan jam terbang, dari mulai mengemudikan dengan ragu-ragu, kemudian sampai mengemudi agresif, dan sampai dengan mengemudi dengan halus.
Read More...

Saturday, September 8, 2012

Islamic Centre Ambon dan Patung J Leimena

Bulan Juni 2012 lalu bertepatan dengan acara MTQ Nasional di Ambon sejumlah bangunan baru terlihat di salah satu sudut kota ini. Salah satunya baru saya lihat tadi sore sembari pergi ke Kota, yaitu Islamic Centre yang diresmikan SBY lalu. Tempatnya di daerah Waihong, berada di sisi pantai sebelah baratnya Masjid Al Fatah Ambon. Jika ingin menuju kesana dari jalan depan Al Fatah kebarat, ketemu rumah makan Dedes belok ke utara, sampai mentok, mobil pun bisa masuk kesana.
Halaman yang luas memang dimanfaatkan anak anak untuk bermain bola di sore hari. Cuaca cerah seperti sore tadi mendukung sekali buat sekedar duduk duduk di tepi pantainya, yang pasti kita bisa melihat teluk ambon dan daerah Hative Besar yang terletak di seberang, jadi kalau mau ngabuburit, disinilah tempatnya, gratis pula. Saat MTQ lalu tempat ini juga dimanfaatkan oleh peserta pada malam ta'aruf dengan menteri agama.

Bersama PSD RTH Islamic Center, bangunan yang dianggarkan senilai 22 Milyar ini diresmikan bertepatan dengan acara MTQ Nasional ke-24, selain Islamic Centre Pak SBY juga meresmikan patung dan rumah Pahlawan Nasional Johanis Leimena.

Johanis Leimena semasa hidupnya pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri pada jaman Presiden Soekarno dan ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden SBY dengan Keputusan Presiden Nomor 52/TK Tahun 2010. Tokoh dari Maluku ini lahir di desa Ema Kecamatan Leitimur Selatan, Ambon pada tanggal 06 Maret 1905 dan meninggal pada 29 Maret 1977 di Jakarta.

Patung J Leimena berdiri di pertigaan Poka, Kecamatan Teluk Dalam, kalau ke bandara pasti lewat deh. Patung ini di dikerjakan oleh dosen fakultas seni rupa dan desain ITB, dengan desain rupa dikirimkan dengan kontainer dari Pati, Jawa Tengah, yang sebelumnya dipasang pada bulan April 2012 lalu. Setelah patung diresmikan, nama jalan Martha Alfons berubah menjadi jalan J. Leimena. Sore tadi saya lihat terlihat mulai rame sebagian ada yang lagi foto-foto, di sekitar pertigaan itu juga ada penjual gorengan.

ini dia foto Islamic Centre (tulisannya kok Center ya?)
sumber sini
Read More...

Thursday, September 6, 2012

Pantura

Mendengarkan kata pantura pastilah bayangan akan teringat tentang jalur utama yang dilalui kendaraan-kendaraan besar. Juga akan sering kedengeran saat musim mudik tiba, dimana ribuan pengendara memadati jalur ini. bahkan sampai berkesan pantura adalah jalan yang berbahaya, memang benar tapi menurut saya ada jalur yang lebih daripada pantura, sempit tetapi kendaraan yang lewat jenisnya sama seperti pantura. Baik, kakli ini saya pengen ceritakan sedikit mengenai jalur terkenal ini.

Pantura memiliki empat lajur dimana sebagian besar jalurnya telah memiliki pulau separator di tengah-tengahnya sebagai pembatas. walau jalur telah segitu lebarnya sering kita dengar macet di jalur ini, kalo ini sih gara-gara perbaikan memaksa kendaraan dialihkan jalurnya, dan biasanya jalur yang dialihkan lebih macet daripada jalur yang mendapat pengalihan.

Misalnya dari arah timur kendaraan dialihkan ke jalur kanan sehingga jalur kanan yang dari arah barat yang terdiri dua lajur harus dilewati kendaraan dari barat dan timur. kenapa yang dari timur cenderung lebih macet daripada sebelah barat? pertama kita lihat kenapa jalur dari timur lebih macet, sebelum menemui titik belokan tentu kendaraan dari arah timur masih memakai dua lajur tengah dan pinggir, tetapi begitu mendekati titik belokan, yang dari timur pemakai lajur pinggir akan berangsur ke lajur tengah dan tentu pasti mengantri kendaraan yang ada di lajur tengah belok dulu, inilah bedanya dari yang arah barat,

kalau dari arah barat yang jalurnya mendapatkan pengalihan dari yang semula dipakai lajur tengah dan pinggir, kali ini karena lajur tengah dipakai kendaraan dari timur, mau tak mau harus pindah ke lajur pinggir, dan proses pindah ini juga lebih cepat karena dia tidak perlu keluar dari jalurnya, hanya menyempit dari dua lajur menjadi satu lajur, hanya pindah lajur sedangkan kalau arah timur tadi kendaraan harus antre keluar dari jalurnya.

Konstruksi jalan yang tidak dapat menahan beban kendaraan yang berat dan berlangsung setiap detik ini lah menjadi penyebab sering rusaknya jalan, apalagi kalau ada air menggenang di jalan berpotensi menimbulkan lubang. semoga saja para ahli menemukan solusinya, jangan hanya mereka para pemakai yang kena rugi gara-gara macet di jalan.

Lebar dan sepinya jalur ini sangat memungkinkan kendaraan yang melaju kencang, sebagai bayangan truk tronton aja sering terlihat berkecepatan sampai 80 kmh di luar kota, jadi berhati-hatilah kalau kita pelan tapi ingin pindah jalur, atau ingin menyeberang pastikan lihat spion belakang, atau lagi kencang awasi mereka yang mau nyebrang, kalau perlu bunyikan klakson agar kita diwaspadai, ini baru truk ya, belum termasuk kendaraan lain yang bisa lebih kencang.

Kepadatan bisa jadi keuntungan, beberapa sopir bis malah lebih suka lewat pantura daripada tol karena di pantura jadi tidak ngantuk, truk-truk ternyata bisa membuat mereka terjaga, tapi dengan catatan kondisi tidak sampai macet ya, kalau macet dimana mana pasti dibenci. sopir sopir bis juga terlihat memakai kode sein saat di pantura, penting juga karena badan bus yang besar menutupi pandangan kendaraan di belakangnya berkomunikasi dengan kendaraan di belakangnya memang sering memanfaatkan sein kiri dan kanan, sein kiri berarti ada hambatan di kanan, dan sebaliknya, namun sein kiri juga bisa berarti dia pengen berhenti ambil penumpang, tapi tentu kita bisa menganalisis sebenarnya apakah dia mau berhenti atau engga, misalnya dilihat dari kecepatannya, biasanya yang berhenti tentu bus lokal dengan kecepatan yang semakin rendah. percaya tidak percaya kode ini umumnya dipakai tetapi juga tidak mutlak dipakai.

Sedikit catatan perbedaan jalur dengan lajur :
(1) Jalur adalah bagian jalan yang dipergunakan untuk lalu lintas kendaraan;
(2) Lajur adalah bagian jalur yang memanjang dengan atau tanpa marka jalan, yang memiliki lebar cukup untuk satu kendaraan bermotor sedang berjalan, selain sepeda motor

berikut ini gambarnya (diambil dari pelayananmasyarakat.blogspot)
perbedaan jalur dengan lajur jalur
Read More...