Saturday, September 8, 2012

Islamic Centre Ambon dan Patung J Leimena

Bulan Juni 2012 lalu bertepatan dengan acara MTQ Nasional di Ambon sejumlah bangunan baru terlihat di salah satu sudut kota ini. Salah satunya baru saya lihat tadi sore sembari pergi ke Kota, yaitu Islamic Centre yang diresmikan SBY lalu. Tempatnya di daerah Waihong, berada di sisi pantai sebelah baratnya Masjid Al Fatah Ambon. Jika ingin menuju kesana dari jalan depan Al Fatah kebarat, ketemu rumah makan Dedes belok ke utara, sampai mentok, mobil pun bisa masuk kesana.

Halaman yang luas memang dimanfaatkan anak anak untuk bermain bola di sore hari. Cuaca cerah seperti sore tadi mendukung sekali buat sekedar duduk duduk di tepi pantainya, yang pasti kita bisa melihat teluk ambon dan daerah Hative Besar yang terletak di seberang, jadi kalau mau ngabuburit, disinilah tempatnya, gratis pula. Saat MTQ lalu tempat ini juga dimanfaatkan oleh peserta pada malam ta'aruf dengan menteri agama.

Bersama PSD RTH Islamic Center, bangunan yang dianggarkan senilai 22 Milyar ini diresmikan bertepatan dengan acara MTQ Nasional ke-24, selain Islamic Centre Pak SBY juga meresmikan patung dan rumah Pahlawan Nasional Johanis Leimena.

Johanis Leimena semasa hidupnya pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri pada jaman Presiden Soekarno dan ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden SBY dengan Keputusan Presiden Nomor 52/TK Tahun 2010. Tokoh dari Maluku ini lahir di desa Ema Kecamatan Leitimur Selatan, Ambon pada tanggal 06 Maret 1905 dan meninggal pada 29 Maret 1977 di Jakarta.

Patung J Leimena berdiri di pertigaan Poka, Kecamatan Teluk Dalam, kalau ke bandara pasti lewat deh. Patung ini di dikerjakan oleh dosen fakultas seni rupa dan desain ITB, dengan desain rupa dikirimkan dengan kontainer dari Pati, Jawa Tengah, yang sebelumnya dipasang pada bulan April 2012 lalu. Setelah patung diresmikan, nama jalan Martha Alfons berubah menjadi jalan J. Leimena. Sore tadi saya lihat terlihat mulai rame sebagian ada yang lagi foto-foto, di sekitar pertigaan itu juga ada penjual gorengan.

ini dia foto Islamic Centre (tulisannya kok Center ya?)
sumber sini

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]