Monday, December 2, 2013

Nilai Pabean

Dalam pasal 15 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan nilai pabean didasarkan pada nilai transaksi, jika tidak bisa, selanjutnya ditentukan dengan nilai transaksi barang identik, jika tidak bisa lagi maka ditentukan dengan barang serupa, jika tidak bisa lagi bisa dengan metode deduksi, dilanjut komputasi, atau komputasi dulu baru deduksi, jika tidak bisa lagi ya dihitung berdasarkan tata cara yang wajar dan konsisten.

Nilai transaksi itu adalah harga yang sebenarnya atau seharusnya dibayar ditambah dengan 1. biaya yang dibayar pembeli yang belum tercantum dalam harga sebenarnyaya/seharusnya dibayar misalnya komisi, jasa, biaya pengemasan,biaya pengepakan (biaya material dan upah karyawan yang mengepak)

2. Nilai dari Barang dan jasa berupa material, peralatan,
3. royalti dan biaya lisensi kalau belum termasuk dalam harga yang sebenarnya dibayar
4. Nilai setiap bagian dari hasil/pendapatan yang diperoleh pembeli (bla bla bla saya kurang paham yang ini)
5. Biaya transportasi barang impor yang dijual untuk diekspor ke pelabuhan atau tempat impor di daerah pabean (saya kurang paham juga ini)

Jadi ingat tentang royalty yang terkena bea masuk, kalau dilihat-lihat royalty sebagai syarat jual beli antara pembeli (importir) dengan penjual itu juga dapat menambah nilai pabean, tetapi jika ternyata harga royalty itu telah dimasukkan ke dalam harga yang sebenarnya dibayar tentu royalty tidak perlu dimasukkan.

Tetapi pertanyaannya bagaimana mengetahui royalty itu telah dimasukkan ke dalam harga yang sebenarnya dibayar? Itulah salah satu pertanyaan saya semoga ada yang bisa menjawab sekaligus membetulkan apa yang salah disini.
abdul hadi wrote :
royalty biasanya diketahui dari laporan keuangan yang sudah diaudit oleh kantor akuntan publik dan dibayarkan oleh importir perbulan atau periode kepada eksportir sesuai dengan persyaratan atau perjanjian. sedangkan impor sebulan bisa 10 dokumen atau lebih.

Related Posts by Categories



0 comments :

Post a Comment

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]