Wednesday, April 18, 2018

BUSSID vs UKTS vs ETS2

Halo Assalamualaikum Warahmatullahai Wabarakaatuh
Selamat malam, mumpung masih anget di ingatan maka saya pengen menuliskan perbandingan antara dua game simulator bertemakan bus. Sebelum melangkah lebih lanjut, perbandingan ini adalah hasil pendapat pribadi saya yang bersifat subjektif, bukan merupakan perbandingan yang benar bagi semua orang, jadi mungkin saja kalian para pembaca memiliki pandangan lain dari perbandingan yang saya buat, silahkan berkomentar apabila memiliki pandangan lain ya.


Fitur para mania bus di dalam bus BUSSID (bobot 1)
di dalam Bussid, apabila bus sedang menyalip kendaraan lain, muncul rekaman para mania yang berteriak-teriak seperti yang pernah kita lihat di rekaman youtube saat mengadakan perjalanan, menurut saya ini konyol dan kocak sekali fitur di BUSSID ini, dimana kang beryl yang kita kenal sebagai pembuat BUSSID menangkap momen tersebut dan mengaplikasikannya ke dalam game simulator bercitarasa Indonesia.

di UKTS mana ada fitur kayak gini
+1 untuk BUSSID
+0 untuk UKTS
+0 untuk ETS2

Fitur klakson, traffic pada minggir (bobot 2)
Jika kalian main bussid, perhatikan saat kalian berada di belakang traffic, lalu kalian memencet tombol klakson, maka traffic yang ada di depan kita akan minggir ke kiri dengan sendirinya. Menurut saya ini sebuah situasi yang biasa kita temui sehari-hari bagi anda yang sering berada di jalan. Mungkin si pembuat UKTS jarang berada di jalan, dia hanya membuat simulator di depan laptopnya saja tanpa memikirkan kondisi lapangan, sehingga kalau kita masuk di UKTS, traffic yang kita rasakan adalah traffic yang sangat amat tolol, bahkan lebih tolol lagi untuk versi adiknya UKTS, yaitu ETS2.
+2 untuk BUSSID(3) saya kasih bobot tinggi karena fitur ini begitu realistik untuk ukuran game android
+0 untuk UKTS (0)
+0 untuk ETS2(0)

Instalasi (bobot 1)
Menurut saya baik BUSSID dan UKTS untuk instalasi di computer PC sama-sama tidak bisa langsung plug and play. BUSSID yang sebenarnya diperuntukkan untuk game android, bila kita ingin memainkannya di PC tentu kita harus gogling sana sini untuk menemukan caranya, begitu juga UKTS yang sebenarnya ini adalah game truk, untuk sampai mendapatkan mod bus pun kita juga harus berusaha dengan gogling sana gogling sini.

+0 untuk BUSSID(3)
+0 untuk UKTS(0)
+0 untuk ETS2(0)

Variasi grup (bobot 0)
Umur UKTS yang muncul dari jaman dahulu dimana facebook saat itu belum tersedia melahirkan generasi yang menurut pendapat saya adalah generasi yang pantang menyerah, karena dia mau berusaha sendiri mencari dengan susah payah di situs luar negeri, maupun di tempat-tempat yang ga bakal kebayang,
sedangkan ETS2 yang lahirnya bersamaan dengan era facebook cenderung memperlihatkan sikap yang tidak mau berusaha karena yang mereka lakkukan dengan cara instan langsung bertanya di facebook, bahkan sampai bikin geleng-geleng kepala bila melihat sesuatu hal yang sebenarnya ini hanya sebuah game malah jadi seperti terbentuk geng-geng kelompok-kelompok yang tidak jelas.

Namun pendapat ini bisa saja terbantahkan karena bisa saja pada saat facebook belum ramai seperti sekarang, sebenarnya sudah ada semacam rasa keinginan membentuk semacam kelompok-kelompok namun tidak terpantau oleh kita karena facebook saat itu belum ada.

Grafis (bobot 2)
Kalau yang ini tidak usah dibicarakan ya, UKTS dan ETS 2 dah pasti menang.
+0 BUSSID (3)
+1 UKTS(1)
+2 ETS2(2)

Goyangan bus (bobot 3)
Fitur goyangan bus alias dalam Bahasa kerennya physics menjadi hal yang penting menurut saya. memang menurut saya ini pula yang membedakan kita ini sebenarnya membawa apa, membedakan apakah ini simulator bus beneran apa simulator mobil Tamiya yang tidak ada sensasi suspensinya.

BUSSID punya goyangan yang bagus, UKTS juga punya goyangan yang bagus meskipun kita harus melakukan trial dan eror beberapa kali terlebih dahulu, sedangkan di ETS2 benar-benar payah untuk masalah ini.
+2 BUSSID(5)
+3 UKTS(4)
-1 ETS2(1)

Steering mouse (bobot 2)
untuk BUSSID saya belum menemukan cara nyetir yang pas menggunakan gerakan mouse, sehingga saya masih memakai keyboard sewaktu nyetir dan tentu saja menurut saya masih terlalu kaku. Untuk UKTS menurut saya sampai saat ini adalah yang masih lebih pas daripada ETS2 dengan catatan saya sudah menemukan settingan yang pas, bagi yang penasaran bagaimana settingnya, silahkan cari caranya setting UKTS yang halus di tag tips ukts, Sedangkan di ETS2 meskipun pada awalnya saya klaim paling bagus steering mousenya, bahkan dengan mouse bisa kalian modifikasi menjadi seperti stir beneran, karena ETS2 makin hari makin update ra nggenah, maka percuma saja keunggulannya.

-1 BUSSID(4)
+2 UKTS (6)
+2 ETS2 (3)


Mod bus gratis yang tersedia (bobot 2)
UKTS mod bus gratis ada berbagai macam dan tidak memerlukan update, ETS2 juga banyak tapi tidak seramai UKTS, karena status mod free lebih terbatas, hal yang ngeselin adanya fitur update yang ga penting banget yang membuat mod mod lawas tidak bisa dipakai. Sedangkan di BUSSID ada juga modifikasi yang dimunculkan.
+1 BUSSID (5)
+2 UKTS(8)
+1 ETS2(4)

fitur modifikasi Map (bobot 1)
BUSSID saya belum ada fitur, ETS2 dan UKTS ada
+0 BUSSID (5)
+1 UKTS (9)
+1 ETS2 (5)


Dapat kalian lihat hasil akhir mana yang paling bagus Bus Simulator Indonesia masih bagusan UKTS daripada BUSSID dan ETS2, bagaimana caranya agar BUSSID bisa menyalip? tentu dengan menambah bobot pada point steering mouse sehingga bisa menyamai UKTS, bila BUSSID berinovasi pada grafis dan ketersediaan modifikasi map, maka akan bisa mengungguli UKTS, bahkan ETS2.
sedangkan ETS2 bila pengen naik ke podium harus memperbaiki physicnya alias memperbaiki suspensinya yang sampai saat ini masih dirasakan tidak realistis banget, saat ini ETS 2 hanya menang di catwalk saja, alias menang di kontes kecantikan saja.


Seluruh postingan di atas saya ulangi lagi seperti di awal adalah pendapat pribadi saja, bukan pendapat yang harus dibenarkan karena bersifat subjektif. Terima kasih. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



Related Posts by Categories



2 comments :

  1. Saya tambahin mas....

    AI Traffic nyalip / mendahului

    Untuk Bussid Kurang enak untuk salip menyalip

    Untuk UKTS Juga AI Traffic nyalip juga tidak pernah ( kecuali di jalan tol / highway )

    Untuk ETS2 AI Traffic sering nyalip ( dijalan tol maupun jalan biasa ) , enak buat ngeblong

    ReplyDelete

mohon koreksinya apabila salah (CMIIW), silahkan berkomentar dengan baik, penulis tidak bertanggung jawab atas apa yang anda sampaikan, jadi silahkan anda bertanggung jawab dengan apa yang anda sampaikan, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat [ baca disclaimer]